Logo Bacabuku
Media Pembelajaran Aktif

Media Pembelajaran Aktif

Utomo Dananjaya
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik secara utuh, dengan fokus pada pendekatan *Child Friendly School* (Sekolah Ramah Anak) sebagai salah satu gagasan utama pendidikan abad ke-21. Buku ini mengkritik model pendidikan yang cenderung berubah menjadi "penjara", di mana proses belajar mengajar terlalu berbasis hafalan dan standarisasi, sehingga menghambat kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan bukan lagi sekadar proses untuk mendapatkan ijazah atau lulus ujian, melainkan proses yang membebaskan peserta didik untuk mengembangkan diri, berpikir kreatif, dan menjadi manusia yang mandiri. Buku ini juga menggambarkan pendidikan sebagai suatu proses pemerdekaan, yang di mana guru bukan hanya sebagai penyalur informasi, tetapi juga sebagai pendamping yang menuntun dari belakang, seperti yang diungkapkan dalam konsep *Tut Wuri Handayani*. Selain itu, buku ini membahas metode pembelajaran dialogis-kreatif sebagai alternatif dari sistem pendidikan yang berbasis *rote-learning* (belajar menghafal). Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik, serta membantu mereka dalam memilih dan menentukan arah hidup sendiri. Buku ini sangat relevan dalam konteks reformasi pendidikan nasional, khususnya bagi calon pendidik, guru, dan dosen yang ingin memanusiakan proses belajar mengajar dan mengembangkan potensi peserta didik secara holistik. Buku ini juga merupakan bacaan wajib bagi para pendidik yang ingin membangun suasana belajar yang lebih manusiawi, kreatif, dan berorientasi pada pertumbuhan pribadi peserta didik.

Sinopsis ebook

Buku ini menggambarkan kepedulian dan pemahaman penulisnya yang sangat mendalam Pemahaman yang mendalam tergambar dalam pemaknaan mengenai pengertian fungsi dan tujuan pendidikan yang tercantum dalam Undang undang No 20 2003 tentang Sisdiknas Dengan membaca buku ini para pengambil kebijakan dan guru akan lebih memahami rumusan pendidikan serta fungsi dan tujuan pendidikan dan semoga mampu mengembangakan kebijakan dan kegiatan pendidikan sesuai dengan undang undang tersebut Bagian kedua memberikan wawasan mengenai kekayaan model belajar aktif dan akan sangat bermanfaat bagi guru dan calon guru dalam mengembangkan suasana belajar yang memungkinkan peserta didik mengembangkan potensi dirinya secara optimal Bagian evaluasi membuka wawasan tentang penilaian hasil belajar terutama dalam dimensi hasil belajar dalam prinsip penilaian yang berlaku masa kini Buku ini pantas dan berguna dibaca oleh para pengambil kebijakan guru calon guru dan mereka yang mengembangkan kurikulum pendidikan profesi guru Prof Dr H Said Hamid Hasan MA Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia

Detail Buku

Jumlah Halaman 360
Kategori Pendidikan
Penerbit Nuansa Cendekia
Tahun Terbit 2017
ISBN 978-602-8395-17-5
eISBN 978-602-350-249-3
Media Pembelajaran Aktif

Media Pembelajaran Aktif

Utomo Dananjaya