Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang konsep dasar dan strategi dalam merancang serta memilih media pembelajaran adaptif bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam buku ini, disampaikan pengertian dan jenis-jenis anak berkebutuhan khusus, serta kesulitan yang dihadapi dalam proses belajar mereka. Selanjutnya, diterangkan konsep dasar media pembelajaran adaptif, termasuk pentingnya media pembelajaran bagi anak autis dan anak berkebutuhan khusus lainnya. Buku ini juga menyajikan strategi spesifik dalam menentukan media pembelajaran adaptif berdasarkan karakteristik dan kebutuhan anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, serta anak tunalaras. Buku ini merupakan panduan praktis bagi guru SLB dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memastikan semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus, dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan mereka.
Masalah utama dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus ABK adalah penggunaan metode atau media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat yang memenuhi kebutuhan siswa sehinga potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang seoptimal mungkin Pembelajaran bagi ABK harus disesuaikan dengan kondisi ABK tersebut oleh karena itu diperlukan media pembelajaran adaptif Pembelajaran dengan mempergunakan media adaptif bagi ABK merupakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi ABK Artinya yang menyesuaikan adalah pembelajaran itu sendiri baik metode alat media pembelajaran dan lingkungan belajar bukan peserta didiknya Media pembelajaran adaptif pada intinya adalah modifikasi alat media yang bertujuan untuk memberi peluang kepada ABK dalam mengikuti program pembelajaran dengan tepat efektif serta mencapai kepuasan Prinsip utama dalam modifikasi media pembelajaran adalah penyesuaian aktivitas yang disesuaikan dengan potensi ABK dalam melakukan aktivitas tersebut
Jumlah Halaman | 130 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Luxima Metro Media |
Tahun Terbit | 2013 |
ISBN | 978-602-268-006-2 |
eISBN | 978-602-268-403-9 |