Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Media dan Teknologi Pembelajaran* sebagai salah satu bentuk nyata dari realisasi ide sinergitas antara ilmu pengetahuan umum dan agama. Buku ini dirancang untuk memberikan kontribusi penting dalam pengembangan keberilmuwan civitas akademika UIN Alauddin, serta memperkuat keberadaan pendidikan Islam yang modern dan inklusif. Pada bab pertama, buku ini menjelaskan konsep, karakteristik, dan urgensi media pembelajaran dalam konteks pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, buku ini menekankan pentingnya penggunaan media sebagai alat untuk memperkaya proses belajar-mengajar, sekaligus memenuhi tuntutan paradigma baru dalam pendidikan. Selain itu, buku ini juga menggagas sistem pengajaran pendampingan yang mempertemukan silabi umum dan agama, memadukan literatur dari kedua bidang tersebut, serta mengembangkan diskusi langsung di ruang kelas yang dihadiri oleh pengajar dan dosen dari bidang umum dan agama. Buku ini juga menyajikan informasi mengenai sanksi hukum terkait pelanggaran hak cipta dalam penggunaan media dan teknologi pembelajaran, terutama dalam konteks penggunaan secara komersial. Sebagai buku teks yang dapat digunakan di seluruh Tanah Air, khususnya di UIN Alauddin, buku ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa untuk memahami dan menerapkan konsep sinergitas antara pengetahuan agama dan umum secara nyata dalam praktik pembelajaran. Semoga buku ini dapat memperoleh ridha Allah SWT dan menjadi sarana pengembangan ilmu pengetahuan serta pendidikan yang bermutu. *Amin Ya Rabbal-Alamin.*
Lahirnya buku ini didorong oleh begitu langkanya buku rujukan utama atau referensi penting yang berkenaan dengan kajian media dan teknologi pembelajaran Kebanyakan buku yang beredar merupakan buku terjemahan atau referensi lama yang tidak memperhatikan perkembangan kajian teknologi pembelajaran dari masa ke masa Padahal dinamika kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saintek begitu cepat dan arus globalisasi informasi dan komunikasi sangat deras sehingga mengharuskan untuk memperbarui merevisi konten buku rujukan tersebut Edisi kedua ini menyajikan beberapa penambahan materi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa serta mengikuti perkembangan kajian teknologi pembelajaran terkini Pada bab tujuh hingga sembilan disajikan materi terkait belajar melalui media audio dan media video serta dilanjutkan dengan pembahasan blended learning yakni pemaduan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring online Materi ini sangat penting untuk dipahami para mahasiswa yang kini dituntut melaksanakan pembelajaran jarak jauh daring Karenanya pembahasan materi pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi TIK di bab terakhir saling berkaitan dan menjadi amat relevan dengan tuntutan pembelajaran di masa kini Buku teks pengantar ini sejatinya merupakan rujukan utama untuk para mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di perguruan tinggi agama dan tentunya juga patut dijadikan rujukan pembelajaran bagi mahasiswa pada perguruan tinggi umum lainnya untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang pengembangan media dan teknologi
Jumlah Halaman | 248 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-422-276-5 |
eISBN | 978-602-422-977-1 |