Sinopsis: Buku ini menjelaskan konsep dan perspektif aksiologi dalam studi media dan masyarakat. Dalam konteks ini, aksiologi dianggap sebagai ilmu yang meneliti hakikat nilai, khususnya nilai etika dan estetika, serta mempertimbangkan peran dan fungsi media dalam kehidupan masyarakat. Buku ini menyajikan berbagai topik penting seperti peran dan fungsi media, relasi antara media, masyarakat, dan budaya, serta tantangan dan peluang dalam penggunaan media sosial di era pandemi dan masyarakat modern. Selain itu, buku ini juga membahas paradigma baru dalam penyampaian berita, etika penggunaan media, dan peran media massa dalam pembentukan opini publik. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi akademisi, mahasiswa, dan pemerhati media dalam memahami hubungan antara media dan masyarakat dari perspektif aksiologi.
Dalam konteks aksiologis relasi antara media budaya dan masyarakat dapat dilihat dari sisi asas manfaat dari ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan media budaya dan masyarakat Jika merujuk pengertian dasar dari media budaya dan masyarakat maka media perlu ditempatkan pada kerangka nilai yang ada di dalamnya Media sebagai pembawa pesan memiliki nilai dan etika yang dianutnya Jika nilai dan etika terkait media dilanggar maka secara aksiologis manfaatnya pun akan dianggap tidak lagi bermanfaat Buku ini menyajikan kajian Media dan Masyarakat dalam perspektif aksiologi yang selama ini menjadi pekerjaan rumah bagi para akademisi dalam memberikan andil dalam usaha edukasi terhadap masyarakat luas agar lebih bijaksana dalam menggunakan media Buku ini seolah menjadi angin segar bagi akademisi mahasiswa dosen dan para pemerhati media khususnya bagi yang konsen dalam kajian filsafat mengenai media dan masyarakat
Jumlah Halaman | 219 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Relasi Inti Media |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-6474-31-0 |
eISBN | proses |