Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas berjudul *“Upaya Meningkatkan Aktifitas Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Benda Konkret Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V di SDN Mertasinga 07”* yang dilakukan secara mandiri oleh penulis, Heri Suprapto, S.Pd. Buku ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi para guru dalam melakukan inovasi pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD). Dalam buku ini, dijelaskan secara rinci tentang konsep belajar dan hasil belajar, serta pentingnya penggunaan media benda konkret dalam proses pembelajaran IPA. Penulis juga membahas pengertian media benda konkret, langkah-langkah penggunaannya, dan dampak positif dari penggunaan media tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas V. Selain itu, buku ini menyajikan metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, serta penutup dari penelitian yang dilakukan. Buku ini juga dilengkapi dengan daftar pustaka dan lampiran untuk mendukung kevalidan dan keakuratan informasi yang disampaikan. Dengan memahami dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif melalui penggunaan media benda konkret, guru dapat meningkatkan minat dan aktifitas belajar siswa, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan menarik. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik yang ingin mengembangkan kreativitas dan kemampuan profesional dalam pembelajaran IPA di tingkat SD.
Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas berjudul Penggunaan Media Perangsang Pemanfaatan Barang Sisa Bangunan Dan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kemagnetan dan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Kroya Cilacap Tahun Pelajaran 2016 2017 yang dilakukan secara mandiri oleh penulis Pada buku ini diuraikan mengenai pengertian belajar hasil belajar dan partisipasi belajar serta pengertian metode pembelajaran Dan tentu saja diuraikan secara lengkap tentang media pembelajaran media perangsang dan langkah langkah serta contoh penerapan media perangsang dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SMP
Jumlah Halaman | 110 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7943-06-8 |
eISBN |