Sinopsis Buku: Buku ini menguraikan pengalaman nyata penulis dalam mengajar materi sistem reproduksi manusia di kelas IX, khususnya dalam penyampaian konsep alat reproduksi wanita bagian dalam. Dalam ujian akhir semester (UAS), penulis menemui tantangan yang tidak terduga ketika siswa memberikan jawaban yang jauh dari kunci jawaban yang diharapkan. Beberapa siswa menjawab dengan menggambar kepala hewan, yang membuat penulis terkejut dan merasa kecewa. Situasi ini memicu penulis untuk mencari metode pembelajaran yang lebih efektif dan kreatif. Sebagai solusi, penulis mengembangkan pendekatan pembelajaran berbasis media analogi, yaitu garis telapak tangan. Dengan memanfaatkan bentuk garis pada telapak tangan yang mirip dengan struktur alat reproduksi wanita, penulis merancang RPP yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konsep abstrak melalui pengalaman belajar konkret. Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Buku ini juga menyajikan langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur, mulai dari penyusunan materi, rancangan pembelajaran, hingga praktik menulis buku sebagai bentuk dokumentasi pengalaman guru. Dengan pendekatan ini, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru-guru IPA yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam topik sistem reproduksi manusia.
Sinopsis Buku: Buku ini menguraikan pengalaman nyata penulis dalam mengajar materi sistem reproduksi manusia di kelas IX, khususnya dalam penyampaian konsep alat reproduksi wanita bagian dalam. Dalam ujian akhir semester (UAS), penulis menemui tantangan yang tidak terduga ketika siswa memberikan jawaban yang jauh dari kunci jawaban yang diharapkan. Beberapa siswa menjawab dengan menggambar kepala hewan, yang membuat penulis terkejut dan merasa kecewa. Situasi ini memicu penulis untuk mencari metode pembelajaran yang lebih efektif dan kreatif. Sebagai solusi, penulis mengembangkan pendekatan pembelajaran berbasis media analogi, yaitu garis telapak tangan. Dengan memanfaatkan bentuk garis pada telapak tangan yang mirip dengan struktur alat reproduksi wanita, penulis merancang RPP yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami konsep abstrak melalui pengalaman belajar konkret. Metode ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Buku ini juga menyajikan langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur, mulai dari penyusunan materi, rancangan pembelajaran, hingga praktik menulis buku sebagai bentuk dokumentasi pengalaman guru. Dengan pendekatan ini, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru-guru IPA yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran terutama dalam topik sistem reproduksi manusia.
Jumlah Halaman | 58 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5764-05-9 |
eISBN |