Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di SMA/MA, yang disusun berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik (AKPD). Buku ini dirancang untuk membantu guru pembimbing dalam menyusun dan menyajikan materi bimbingan dan konseling yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di berbagai tingkatan kelas, yaitu kelas X, XI, dan XII. Buku ini mencakup berbagai topik penting yang berkaitan dengan perkembangan siswa, termasuk masalah pribadi, sosial, akademik, dan karir. Materi yang disajikan dalam buku ini dibagi menjadi beberapa bab terstruktur, seperti: - Bab III: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas X, yang mencakup topik seperti pengaturan waktu, pribadi mandiri, dan gaya belajar. - Bab IV: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas XI, yang meliputi masalah seperti takut bertanya, memilih tempat belajar, manfaat teknologi informasi, serta persiapan seleksi masuk perguruan tinggi. - Bab V: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas XII, yang berdasarkan hasil AKPD, mencakup topik seperti cara belajar efektif, persiapan menghadapi ujian, dan memilih jalur karir. Buku ini juga menjelaskan tentang pengembangan instrumen angket kebutuhan peserta didik (AKPD) yang disusun oleh tim guru bimbingan dan konseling SMA Negeri I Sungaipenuh, dengan pendekatan berbasis kebutuhan dan lingkungan, serta mengacu pada empat bidang layanan: pribadi, sosial, belajar, dan karir. Buku ini sangat berguna sebagai sumber referensi bagi guru pembimbing dalam merancang dan menyajikan layanan bimbingan dan konseling yang efektif dan berorientasi pada kebutuhan siswa.
Bimbingan dan konseling adalah layanan bantuan kepada peserta didik baik secara pribadi maupun kelompok agar peserta didik mandiri dan berkembang secara optimal Dalam bimbingan dan konseling terdapat empat bidang layanan yakni bimbingan pribadi bimbingan sosial bimbingan belajar dan bimbingan karir Layanan yang diberikan kepada anak didik seharusnya sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar layanan tersebut tepat guna Dalam menentukan materi layanan yang akan diberikan perlu kiranya pendataan atau angket dari siswa apa saja yang menjadi penting bagi mereka dalam menerinia informai atau layanan tersebut Untuk itulah diperlukan Angket Kebutuhan Peserta Didik AKPD Angket ini akan menjadi dasar penyusunan program dan rencana pemberian layanan kepada peserta didik Dalam hal ini peserta didik yang diberi angket tersebut adalah siswa binaan atau bimbingan yang terdiri dari kelas X XI dan XII jurusan IPA dan IPS Isi pernyataan angket untuk masing masing kelas berbeda Hasil angket yang hampir senada kebutuhannya dianggap satu materi Dalam buku ini materi layanan yang dipilih adalah pernyataan mayoritas siswa Anda seorang guru BK yang ingin peserta didik Anda berkembang potensinya Ingin tahu bagaimana materi yang disusun berdasarkan AKPD tersebut Segera miliki dan baca buku ini
| Jumlah Halaman | 76 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2019 |
| ISBN | 978-623-217-887-8 |
| eISBN |