Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di SMA/MA, yang disusun berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik (AKPD). Buku ini dirancang untuk membantu guru pembimbing dalam menyusun dan menyajikan materi bimbingan dan konseling yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di berbagai tingkatan kelas, yaitu kelas X, XI, dan XII. Buku ini mencakup berbagai topik penting yang berkaitan dengan perkembangan siswa, termasuk masalah pribadi, sosial, akademik, dan karir. Materi yang disajikan dalam buku ini dibagi menjadi beberapa bab terstruktur, seperti: - Bab III: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas X, yang mencakup topik seperti pengaturan waktu, pribadi mandiri, dan gaya belajar. - Bab IV: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas XI, yang meliputi masalah seperti takut bertanya, memilih tempat belajar, manfaat teknologi informasi, serta persiapan seleksi masuk perguruan tinggi. - Bab V: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas XII, yang berdasarkan hasil AKPD, mencakup topik seperti cara belajar efektif, persiapan menghadapi ujian, dan memilih jalur karir. Buku ini juga menjelaskan tentang pengembangan instrumen angket kebutuhan peserta didik (AKPD) yang disusun oleh tim guru bimbingan dan konseling SMA Negeri I Sungaipenuh, dengan pendekatan berbasis kebutuhan dan lingkungan, serta mengacu pada empat bidang layanan: pribadi, sosial, belajar, dan karir. Buku ini sangat berguna sebagai sumber referensi bagi guru pembimbing dalam merancang dan menyajikan layanan bimbingan dan konseling yang efektif dan berorientasi pada kebutuhan siswa.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di SMA/MA, yang disusun berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik (AKPD). Buku ini dirancang untuk membantu guru pembimbing dalam menyusun dan menyajikan materi bimbingan dan konseling yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa di berbagai tingkatan kelas, yaitu kelas X, XI, dan XII. Buku ini mencakup berbagai topik penting yang berkaitan dengan perkembangan siswa, termasuk masalah pribadi, sosial, akademik, dan karir. Materi yang disajikan dalam buku ini dibagi menjadi beberapa bab terstruktur, seperti: - Bab III: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas X, yang mencakup topik seperti pengaturan waktu, pribadi mandiri, dan gaya belajar. - Bab IV: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas XI, yang meliputi masalah seperti takut bertanya, memilih tempat belajar, manfaat teknologi informasi, serta persiapan seleksi masuk perguruan tinggi. - Bab V: Materi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Kelas XII, yang berdasarkan hasil AKPD, mencakup topik seperti cara belajar efektif, persiapan menghadapi ujian, dan memilih jalur karir. Buku ini juga menjelaskan tentang pengembangan instrumen angket kebutuhan peserta didik (AKPD) yang disusun oleh tim guru bimbingan dan konseling SMA Negeri I Sungaipenuh, dengan pendekatan berbasis kebutuhan dan lingkungan, serta mengacu pada empat bidang layanan: pribadi, sosial, belajar, dan karir. Buku ini sangat berguna sebagai sumber referensi bagi guru pembimbing dalam merancang dan menyajikan layanan bimbingan dan konseling yang efektif dan berorientasi pada kebutuhan siswa.
Jumlah Halaman | 76 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-887-8 |
eISBN |