Sinopsis Buku: Buku ini menggambarkan realitas pendidikan yang kritis dan memprihatinkan di negeri ini. Penulis mengkritik sistem pendidikan yang tidak hanya tidak berimbang, tetapi juga tidak memberikan hak asasi pendidikan kepada seluruh rakyat. Pendidikan, yang seharusnya menjadi jembatan menuju kemajuan bangsa, justru menjadi komoditas bisnis dan alat untuk memperkaya segelintir kalangan. Pemerintah, yang seharusnya menjadi penjaga kepentingan rakyat, justru mendorong privatisasi dan swastanisasi lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi negeri, yang mengakibatkan akses pendidikan menjadi semakin terbatas bagi masyarakat miskin. Selain itu, buku ini juga mengkritik kualitas pendidikan yang rendah, seperti kurangnya guru dan perlengkapan belajar di daerah terpencil, serta adanya praktik pungutan liar dalam sistem pendidikan. Penulis menyoroti bahwa sekolah dan perguruan tinggi tidak hanya mengajarkan cara berpikir logis, analitis, dan praktis, tetapi juga gagal membangun karakter manusia yang sebenarnya. Buku ini menyampaikan harapan bahwa pendidikan seharusnya menjadi wadah untuk melahirkan manusia-manusia yang berakhlak, berintelektual, dan berwawasan luas. Dengan judul *“Manusia Sekolah & Sekolah Manusia”*, buku ini mengajak pembaca untuk merefleksikan kembali tujuan pendidikan dan peran institusi pendidikan dalam membentuk generasi masa depan. Penulis berharap, melalui tulisan ini, masyarakat dan pemerintah dapat sadar akan tanggung jawab dan kewajiban dalam membangun sistem pendidikan yang adil dan berkualitas.
buku ini dapat menggugah pihak pihak yang terlibat dalam pengembangan pendidikan apakah sebagai guru pengurus yayasan birokrat akademisi atau sebagai masyarakat yang menyerahkan anaknya kepada lembaga pendidikan Lembaga pendidikan diharapkan menghasilkan manusia Indonesia yang benar benar menjadi manusia bukan pelaku kekerasan koruptor perusak dan kejahatan kejahatan lainnya
Jumlah Halaman | 200 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Pustaka Baru |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-781-986-3 |
eISBN |