Sinopsis Buku: Buku *Manajemen SDM & Pelayanan Publik: Analisis Hard & Soft Approach terhadap Kinerja Pegawai* membahas tantangan dan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Indonesia, khususnya dalam konteks reformasi birokrasi yang digagas pada awal abad 21. Buku ini menggambarkan situasi pelayanan publik yang belum optimal meskipun sudah lebih dari satu dasawarsa reformasi berjalan. Dari hasil survei Bank Dunia pada tahun 2014, Indonesia menempati urutan 129 dari 184 negara dalam hal kinerja pelayanan publik, menunjukkan masih banyaknya kesenjangan yang perlu diperbaiki. Buku ini juga mengungkapkan data empiris mengenai korupsi yang melibatkan para pejabat daerah, seperti kepala daerah, bupati, wali kota, dan sebagainya. Dalam periode 2004–2012, terdapat 290 orang yang terlibat dalam kasus korupsi, dengan kerugian hingga Rp 4,8 triliun. Korupsi yang melibatkan pejabat daerah tidak hanya merugikan keuangan negara, tetapi juga menghambat kinerja pelayanan publik yang seharusnya menjadi abdi masyarakat. Selain itu, buku ini menyoroti berbagai masalah kinerja aparat pelayanan publik, seperti birokrasi yang bertele-tele, sikap acuh terhadap keluhan masyarakat, lamban dalam memberikan pelayanan, dan masih dominan berperilaku sebagai pejabat ketimbang abdi masyarakat. Faktor-faktor ini menjadi salah satu kendala dalam perbaikan kualitas pelayanan publik. Buku ini juga memaparkan upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, termasuk pelaksanaan berbagai kebijakan dan instrumen seperti Pedoman Pelaksanaan Penilaian dan Penghargaan Citra Pelayanan Prima, serta Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Meskipun telah ada kebijakan yang dirancang, pelaksanaannya masih belum sepenuhnya efektif dan konsisten. Di sisi lain, buku ini menjelaskan dampak pentingnya pelayanan publik yang baik dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti meningkatkan iklim investasi, memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan mendorong kehidupan sosial budaya yang harmonis. Dengan pendekatan *hard* dan *soft* dalam manajemen SDM dan pelayanan publik, buku ini memberikan panduan untuk meningkatkan kinerja pegawai dan kualitas pelayanan publik secara holistik.
Buku ini merupakan hasil studi mendalam yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja pegawai pelayanan publik dengan perspektif manajemen sumber daya manusia Kompensasi pengembangan pegawai dan gaya kepemimpinan diriset apakah ia berdampak signifikan terhadap kepuasan dan motivasi kerja pegawai Dengan mengambil lokus di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dengan pendekatan kuantitatif buku ini ingin menghasilkan hasil yang akurat yang diharapkan berkontribusi terhadap perbaikan pelayanan sektor publik serta manajemen sumber daya manusia
Jumlah Halaman | 285 |
---|---|
Kategori | Sosial |
Penerbit | Inteligensia Media |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-5562-67-9 |
eISBN | proses |