Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan manajemen stratejik untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berorientasi unggulan. Penulis mengupas tiga sekolah unggulan SMK di Kabupaten Kebumen, yaitu SMK Negeri Kebumen 2, SMKN Gombong 1, dan SMK Ma’arif 1 Kebumen. Buku ini fokus pada empat aspek utama: perencanaan stratejik, implementasi stratejik, evaluasi stratejik, hambatan dalam pengembangan, serta upaya solusi untuk meningkatkan kualitas SMK unggulan. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai konsep dasar yang mendukung pengembangan SMK unggulan, seperti nilai-nilai sekolah unggulan dalam Islam, pendidikan kejuruan, arah pendidikan SMK, kurikulum SMK, dan pendidikan sistem ganda (PSG). Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan sistematis, sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan pembaca, terutama para guru, manajer sekolah, dan pelaku pendidikan. Tujuan utama dari buku ini adalah memberikan sumbangsih terhadap dunia ilmu pendidikan, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas dan profesionalisme guru, serta memberikan kontribusi dalam pembangunan pendidikan seutuhnya. Buku ini juga menyajikan analisis data yang dilakukan melalui tahap eksplorasi, triangulasi, dan membercheck, serta prosedur analisis data yang sistematis. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi acuan dan inspirasi bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung pengembangan SMK unggulan yang berorientasi pada mutu pendidikan yang lebih baik, kompetensi guru yang lebih tinggi, dan peningkatan kinerja pendidikan secara keseluruhan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan manajemen stratejik untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berorientasi unggulan. Penulis mengupas tiga sekolah unggulan SMK di Kabupaten Kebumen, yaitu SMK Negeri Kebumen 2, SMKN Gombong 1, dan SMK Ma’arif 1 Kebumen. Buku ini fokus pada empat aspek utama: perencanaan stratejik, implementasi stratejik, evaluasi stratejik, hambatan dalam pengembangan, serta upaya solusi untuk meningkatkan kualitas SMK unggulan. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai konsep dasar yang mendukung pengembangan SMK unggulan, seperti nilai-nilai sekolah unggulan dalam Islam, pendidikan kejuruan, arah pendidikan SMK, kurikulum SMK, dan pendidikan sistem ganda (PSG). Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan sistematis, sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan pembaca, terutama para guru, manajer sekolah, dan pelaku pendidikan. Tujuan utama dari buku ini adalah memberikan sumbangsih terhadap dunia ilmu pendidikan, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas dan profesionalisme guru, serta memberikan kontribusi dalam pembangunan pendidikan seutuhnya. Buku ini juga menyajikan analisis data yang dilakukan melalui tahap eksplorasi, triangulasi, dan membercheck, serta prosedur analisis data yang sistematis. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat menjadi acuan dan inspirasi bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mendukung pengembangan SMK unggulan yang berorientasi pada mutu pendidikan yang lebih baik, kompetensi guru yang lebih tinggi, dan peningkatan kinerja pendidikan secara keseluruhan.
Jumlah Halaman | 480 |
---|---|
Kategori | Ekonomi |
Penerbit | Pustaka Ilmu |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-7853-45-4 |
eISBN |