Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya pendidikan karakter yang diimplementasikan sejak usia dini, yaitu pada anak-anak yang sedang belajar di lembaga PAUD seperti Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), atau Raudhatul Atfal (RA). Dalam konteks ini, pendidikan karakter tidak hanya dianggap sebagai bagian dari proses belajar-mengajar, tetapi juga sebagai upaya strategis untuk membentuk nilai-nilai moral, sikap, dan perilaku yang sehat serta sesuai dengan norma dan norma agama. Buku ini menjelaskan konsep pendidikan anak usia dini (PAUD), termasuk pengertian, urgensi, fungsi, tujuan, bentuk lembaga, serta tumbuh-kembang anak usia dini. Selain itu, buku ini juga membahas kompetensi pendidik dan kepala lembaga PAUD, yang menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter anak. Dalam bab khusus, buku ini menjelaskan tentang implementasi manajemen strategik pendidikan karakter di TK Islam al-Irsyad Purwokerto, sebagai contoh nyata bagaimana pendidikan karakter dapat dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan. Penulis juga menguraikan indikator keberhasilan dalam implementasi pendidikan karakter, serta tantangan dan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan pendidikan karakter yang efektif. Buku ini menjadi panduan praktis bagi pengelola TK/RA maupun Kelompok Bermain (KB) dalam merancang dan melaksanakan manajemen strategik untuk membentuk karakter anak usia dini secara komprehensif dan berkelanjutan.
Pendidikan karakter akan sangat tepat jika dimplementasikan sejak dini yaitu sejak anak belajar di lembaga PAUD seperti kelompok bermain KB Taman Kanak Kanak TK atau Raudhatul Anfal RA Namun sungguh disayangkan implementasi pendidikan karakter di lemabaga PAUD seperti KB TK maupun RA masih belum optimal Hal itu dikarenakan implementasi pendidikan karakter di lembaga PAUD tengah mengalami problem metodologis aksiologis dan epistomologis Selain itu masih ada TK RA yang di manage belum optimal Praktik manajemen pada lembaga PAUD masih asal asalan dan belum profesional Bukti nyatanya masih mudah ditemui kepala TK RA yang merangkap sebagai sekretaris bahkan ada guru yang sekaligus menjadi tukang sapu atau tukang kebun Problem di bidang manajemen tersebut sudah barang tentu menjadikan kepala TK RA guru dan karyawan tidak fokus dalam mendidik anak usia dini termasuk dalam membentuk karakter anak usia dini Padahal pola pembentukan karakter anak usia dini sangat dipengaruhi oleh kegiatan manajemen yang dipraktikkan oleh mereka
Jumlah Halaman | 248 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-6948-02-1 |
eISBN |