Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang Manajemen Program Pendidikan Inklusif, dengan fokus pada studi kasus yang dilakukan oleh penulis di Raudhatul Athfal (RA) Terpadu An-Nahl, sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berlokasi di Jakarta Barat. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai berbagai aspek manajemen dalam pelaksanaan pendidikan inklusif, khususnya dalam konteks pendidikan anak usia dini. Isi buku ini mencakup beberapa bagian utama, antara lain: 1. Manajemen Penerimaan Siswa Berkebutuhan Khusus: Penjelasan tentang proses seleksi dan penerimaan siswa yang memiliki kebutuhan khusus, termasuk pertimbangan dalam memastikan bahwa setiap anak dapat memperoleh hak pendidikan yang sama. 2. Manajemen Penyelenggaraan Program: Penulis menjelaskan langkah-langkah dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi program pendidikan inklusif, termasuk peran guru, orangtua, dan lembaga pendidikan dalam memastikan kesuksesan program tersebut. 3. Manajemen Pemangku Kepentingan (Stakeholder): Penjelasan tentang pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, seperti guru, orangtua, penyedia layanan pendukung, dan lembaga pendidikan, dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. 4. Manajemen Pembelajaran Berbasis Pendidikan Inklusif: Penulis membahas pendekatan dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat diakses oleh semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, sehingga memastikan kualitas pendidikan yang merata dan bermakna. Buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi lembaga pendidikan, guru, dan orangtua, terutama dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pendidikan inklusif di lingkungan pendidikan anak usia dini. Buku ini juga berisi harapan dan doa agar setiap anak, terlepas dari kondisi dan kebutuhannya, dapat tumbuh secara optimal, menjadi individu yang berakhlak mulia, berbakti, dan bermanfaat bagi masyarakat.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang Manajemen Program Pendidikan Inklusif, dengan fokus pada studi kasus yang dilakukan oleh penulis di Raudhatul Athfal (RA) Terpadu An-Nahl, sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang berlokasi di Jakarta Barat. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai berbagai aspek manajemen dalam pelaksanaan pendidikan inklusif, khususnya dalam konteks pendidikan anak usia dini. Isi buku ini mencakup beberapa bagian utama, antara lain: 1. Manajemen Penerimaan Siswa Berkebutuhan Khusus: Penjelasan tentang proses seleksi dan penerimaan siswa yang memiliki kebutuhan khusus, termasuk pertimbangan dalam memastikan bahwa setiap anak dapat memperoleh hak pendidikan yang sama. 2. Manajemen Penyelenggaraan Program: Penulis menjelaskan langkah-langkah dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi program pendidikan inklusif, termasuk peran guru, orangtua, dan lembaga pendidikan dalam memastikan kesuksesan program tersebut. 3. Manajemen Pemangku Kepentingan (Stakeholder): Penjelasan tentang pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, seperti guru, orangtua, penyedia layanan pendukung, dan lembaga pendidikan, dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. 4. Manajemen Pembelajaran Berbasis Pendidikan Inklusif: Penulis membahas pendekatan dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat diakses oleh semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, sehingga memastikan kualitas pendidikan yang merata dan bermakna. Buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi lembaga pendidikan, guru, dan orangtua, terutama dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pendidikan inklusif di lingkungan pendidikan anak usia dini. Buku ini juga berisi harapan dan doa agar setiap anak, terlepas dari kondisi dan kebutuhannya, dapat tumbuh secara optimal, menjadi individu yang berakhlak mulia, berbakti, dan bermanfaat bagi masyarakat.
Jumlah Halaman | 174 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | UMSU Press |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6888-82-7 |
eISBN | 978-623-6888-83-4 |