Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Manajemen Peserta Didik, yang merupakan bagian penting dalam dunia pendidikan. Buku ini menguraikan konsep, ruang lingkup, prinsip, dan kegiatan manajemen peserta didik secara komprehensif. Penulis menjelaskan bahwa manajemen peserta didik merupakan upaya pengaturan terhadap peserta didik mulai dari masa masuk sekolah hingga mereka lulus. Tujuan utamanya adalah mengatur kegiatan peserta didik agar selaras dengan tujuan pendidikan secara keseluruhan. Selain itu, buku ini juga membahas tentang pengelolaan kelas, termasuk tujuan, prinsip, macam-macam, teknik pengelolaan, serta peran guru dalam strategi pengelolaan kelas. Buku ini juga menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen kelas, masalah-masalah dalam pengelolaan kelas, dan indikator keberhasilan pengelolaan kelas. Penulis juga menyertakan penjelasan tentang pembinaan kesiswaan dan program pembinaan kesiswaan yang dapat menjadi acuan dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif. Buku ini sangat relevan bagi para guru, pengelola sekolah, dan semua pihak yang peduli terhadap kualitas pendidikan. Dengan materi yang terstruktur dan jelas, buku ini menjadi sumber acuan yang bermanfaat dalam meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan peserta didik di lingkungan sekolah.
Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah Tujuan umum manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan kegiatan peserta didik agar kegiatan kegiatan tersebut menunjang proses belajar mengajar di sekolah selanjutnya proses belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar tertib dan teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan Fungsi manajemen peserta didik secara umum adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri seoptimal mungkin baik yang berkenaan dengan segi segi individualitasnya segi sosialnya segi aspirasinya segi kebutuhannya dan segi segi potensi peserta didik lainnya Buku ini terdiri dari 10 bab yaitu Bab 1 Peserta Didik Bab 2 Perkembangan Peserta Didik Bab 3 Penerimaan Siswa Baru Bab 4 Psikologi Peserta Didik Bab 5 Pembinaan Peserta Didik Bab 6 Pengelolaan Kelas Buku ini cocok untuk para guru pendidik pengelola pendidikan pemerhati pendidikan dan calon guru mahasiswa keguruan dan juga bagi orang tua atau wali siswa peserta didiknya
Jumlah Halaman | 184 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-6948-65-6 |
eISBN | 978-602-5568-96-1 |