Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan komprehensif dalam mengelola perpustakaan sekolah secara efektif dan profesional. Dalam buku ini, dibahas berbagai aspek penting terkait pengelolaan perpustakaan, mulai dari fungsi, peran, dan tujuan perpustakaan sekolah, hingga struktur organisasi yang mendukung pengelolaan perpustakaan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang jenis-jenis koleksi bahan pustaka, proses pengadaan, pemeliharaan, dan klasifikasi koleksi yang dikelola dalam perpustakaan. Buku ini juga membahas manajemen administratif, penempatan buku pada rak penyimpanan, dan penomoran panggil untuk memudahkan pengelolaan koleksi. Dalam bab terpisah, penulis menjelaskan tata ruang dan layanan perpustakaan yang mendukung kenyamanan pengguna serta peningkatan kualitas layanan. Selain itu, buku ini juga memperkenalkan pentingnya akses ke informasi digital seperti internet, audio-visual, dan multimedia sebagai bagian dari pengembangan perpustakaan sekolah yang modern. Buku ini sangat berguna sebagai pedoman bagi pustakawan, kepala sekolah, guru, dan semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan sekolah. Dengan adanya buku ini, diharapkan perpustakaan sekolah dapat menjadi pusat pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional secara lebih efektif dan berkelanjutan.
Kualitas perpustakaan sekolah turut menentukan kualitas pendidikan di dalam suatu lembaga pendidikan Perpustakaan sekolah menyediakan informasi dan ide yang merupakan dasar keberhasilan fungsional dalam masyarakat saat ini yang berbasis pada pengetahuan