Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pengembangan kurikulum dalam lembaga pendidikan Islam terpadu (SDIT), dengan fokus pada manajemen pengembangan kurikulum yang efektif dan berkelanjutan. Buku ini menjelaskan secara mendalam tentang konsep umum pengembangan kurikulum, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, serta berbagai model-model yang dapat diterapkan dalam merancang kurikulum yang relevan dan berkualitas. Selain itu, buku ini juga mengupas tentang pentingnya pendidikan Islam terpadu, baik dari perspektif Al-Qur’an maupun Hadis, serta bagaimana konsep tersebut dapat diimplementasikan dalam praktik pendidikan sehari-hari. Buku ini juga menyajikan studi kasus lintas-situs yang menggambarkan bagaimana dua lembaga pendidikan Islam terpadu, yaitu SDIT al-Fathimiyah dan SDIT Hasanah Fiddarain, menerapkan konsep integrasi pendidikan secara nyata. Dalam bagian terakhir, buku ini menjelaskan tentang pembentukan karakter peserta didik secara religius dan perspektif Islam, serta membahas temuan-temuan penelitian terkait pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum di SDIT. Buku ini merupakan referensi penting bagi para pendidik, pengelola lembaga pendidikan Islam, dan calon pengelola pendidikan terpadu yang ingin memahami dan menerapkan konsep pengembangan kurikulum secara sistematis dan berorientasi pada kebutuhan masa depan bangsa.
Hadirnya lembaga pendidikan Islam terpadu saat ini setidaknya telah memenuhi kebutuhan dan harapan sebagian masyarakat muslim atas diperolehnya pendidikan umum dengan pendidikan agama bagi putra putrinya yang selama ini diselenggarakan secara terpisah Hal yang menarik dari fenomena menjamurnya lembaga pendidikan Islam ialah ternyata tidak semua lembaga pendidikan jenis ini dikembangkan dalam sebuah model terpadu yang mencerminkan perpaduan antara sekolah dengan pesantren
Jumlah Halaman | 170 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7743-13-2 |
eISBN | proses |