Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang *Manajemen Pendidikan dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)*. Penulis, Suprapto, M.Pd., menjelaskan konsep-konsep dasar pendidikan, termasuk definisi, unsur-unsur, arah kegiatan, faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan, serta makna dan prinsip-prinsip manajemen pendidikan. Buku ini juga menjelaskan secara rinci tentang MBS, termasuk pengertian, landasan hukum, perbedaan dengan MKE, tujuan, karakteristik, konteks, target, praktik, serta proses monitoring dan evaluasi dalam pelaksanaan MBS. Selain itu, buku ini menyajikan struktur organisasi sekolah, manajemen siswa, manajemen kehumasan dan komite, manajemen sarana prasarana, manajemen keuangan, manajemen kelas, manajemen unit kegiatan, serta peran dan fungsi guru sebagai manajer. Buku ini juga menjelaskan peran kepala sekolah sebagai pengelola pendidikan yang profesional. Dengan bahasa yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber referensi yang sangat bermanfaat bagi para pendidik, kepala sekolah, guru, dan semua pihak terkait dalam dunia pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen pendidikan secara efektif dan berkelanjutan.
Buku ini membahas cara manajemen atau pengelolaan pendidikan yang merupakan kegiatan yang menyangkut perencanaan pengoraganisasian pengendalian dan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan Pendek kata kegiatan manajemen pendidikan berhubungan dengan pemaksimalan faktor faktor pendukung pendidikan dan meminimalkan faktor faktor penghambatnya
Jumlah Halaman | 490 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-979-020-549-9 |
eISBN | 978-623-252-422-4 |