Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep, prinsip, dan ruang lingkup manajemen pendidikan Islam secara mendalam. Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan pengertian manajemen menurut berbagai ahli, serta prinsip dan fungsi manajemen dalam konteks pendidikan Islam. Selanjutnya, buku ini membahas tantangan dan masalah yang dihadapi dalam manajemen pendidikan Islam, termasuk pentingnya inovasi dalam upaya penyelesaian masalah pendidikan di Indonesia. Pada bagian berikutnya, buku ini menjelaskan prinsip-prinsip manajemen pendidikan Islam, seperti prinsip kompetensi, keoptimalan, kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan, keterpercayaan, dan lainnya. Di samping itu, buku ini juga membahas ruang lingkup manajemen pendidikan Islam, yang mencakup lembaga informal, formal, dan non-formal, serta manajemen kurikulum pendidikan Islam, termasuk prinsip, fungsi, dan ruang lingkupnya. Buku ini merupakan karya dari Dr. Yunus, S.Pd.I, M.Pd.I dan Abu Bakar Dja’far, S.Ag., M.A, yang dilengkapi dengan referensi dan bahan-bahan pendukung yang relevan. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pemangku kepentingan dalam pendidikan Islam, baik sebagai bahan bacaan, penelitian, maupun pengambilan kebijakan.
Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan biasanya terletak pada sumber daya manusia dan sumber daya non manusia sedangkan pada prosesnya terletak pada proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah berdasarkan input yang dimilikinya Output yang dihasilkan juga merupakan cerminan dari hasil input hari proses di lembaga pendidikan Lembaga pendidikan yang berkualitas adalah lembaga yang dapat mensinergikan input proses dan output sehingga dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang ideal sesuai dengan tujuan pendidikan nasional Peningkatkan mutu dan kualitas input proses dan output lembaga pendidikan harus selalu merekonstruksi semua lini secara integral dengan kata lain lembaga pendidikan harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan lingkungan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi dana serta melaksanakannya secara berkesinambungan evaluasi Tanpa adanya manajerial dan kepemimpinan yang baik serta kebijakan yang tepat dapat dipastikan kualitas dan mutu lembaga tersebut tentu akan menurun dan menjadi kurang baik fasilitas pembiayaan dan sumber daya manusia juga sangat mendesak karena merupakan titik tolak kualitas atau tidaknya suatu lembaga pendidikan Penawaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan juga harus memperhatikan kebutuhan masyarakat yang ada dan memberikan keunggulan akademik dan non akademik yang mendukung keluaran pendidikan untuk memperoleh hasil yang berimplikasi pada kemajuan Karena input yang baik proses yang berkesinambungan dan dikelola dengan baik akan menghasilkan output yang baik pula Salah satu alasan buku ini layak untuk dimiliki karena buku memiliki solutif dalam problem system manajemen pendidikan Islam
Jumlah Halaman | 137 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-5687-20-9 |
eISBN |