Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendekatan empirisme dan rasionalisme dalam studi manajemen pendidikan Islam di madrasah. Penulis menggambarkan pentingnya pendekatan empiris dan rasional dalam memahami dan menerapkan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan dalam konteks pendidikan Islam. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bagaimana ketidak tersistematisan dalam pengelolaan fungsi manajemen sering kali menyebabkan munculnya berbagai kendala dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan. Dengan pendekatan empirisme dan rasionalisme, penulis berusaha mengingatkan dan memandu dalam penerapan teori-teori manajemen secara sistematis dan terarah, sesuai dengan konteks dan kebutuhan pendidikan Islam di madrasah. Buku ini juga menyajikan sejarah filosofi, epistemologi empirisme, epistemologi rasionalisme, serta konsep dasar manajemen pendidikan Islam, sebagai bagian dari upaya untuk menyelaraskan teori dengan praktek dalam dunia pendidikan Islam.
Buku ini berisikan IX BAB di dalamnya BAB I BAB III yang berisi tentang ulasan sejarah filsafat epistemologi empirisme dan epistemology rasionalisme Adapun pada BAB I III ini ditulis pada tahun 2016 silam dengan berbagai kajian yang dilakukan oleh penulis sendiri
Jumlah Halaman | 106 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-022-9 |
eISBN | proses |