Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengembangan pendidikan Islam dalam konteks era reformasi dan tantangan global yang semakin kompleks. Penulis mengupas secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan komponen-komponen mutu pendidikan, serta bagaimana model peningkatan mutu berbasis sekolah keislaman dapat menjadi solusi efektif dalam membentuk karakter siswa yang berkarakter religius dan berakhlak mulia. Buku ini juga menjelaskan tentang manajemen berbasis sekolah keislaman (MBSK) sebagai pendekatan inovatif dalam pengelolaan pendidikan Islam yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan secara holistik. Selain itu, buku ini menyajikan beberapa model program peningkatan mutu, seperti Logical Framework Program Peningkatan Mutu PAUD Terpadu Anak Saleh dan SD Anak Saleh Kota Malang, sebagai contoh nyata implementasi konsep tersebut di lapangan. Buku ini menjadi referensi penting bagi para akademisi, praktisi pendidikan, dan pengambil kebijakan dalam upaya mewujudkan pendidikan Islam yang modern, relevan, dan berwawasan global.
Buku ini disusun atas respon penulis terhadap pengemba ngan lembaga pendidikan Islam yang sedang berada pada himpitan persaingan global Kondisi demikian tentu memunculkan problem dan polemik yang berdampak pada pengembangan lembaga pen didikan Islam Sebagai seorang akademisi penulis merasa memiliki tanggung jawab besar dalam pengembangannya Sehingga melalui riset Hi ma Hibah Institusi Unisma yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat penulis men gusung tema tersebut agara dapat dimanafaatkan lembaga
Jumlah Halaman | 84 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-7743-69-9 |
eISBN | proses |