Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut Pendidikan anak usia dini ini pada dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan orangtua dalam proses perawatan pengasuhan dan pendidikan pada anak dengan menciptakan aura serta lingkungan di mana anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan kepadanya untuk mengetahui dan memahami pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan melalui cara mengamati meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak Tujuan pendidikan anak usia dini ini secara umum yakni untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya Buku ini merupakan pegangan utama textbook yang mengulas mengenai teori manajemen dan best practice dari 8 delapan Standar Nasional Pendidikan untuk Anak Usia Dini yakni Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Isi Proses Tenaga Pendidikan dan Pendidikan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Pembiayaan dan Penilaian yang disertai dengan contoh contoh dokumen sebagai bukti fisiknya Dengan demikian buku ini dapat menjadi referensi penting bagi para mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Tim Pengembangan Kurikulum Sekolah TPKS yang sedang melakukan evaluasi peninjauan kurikulum dan juga pimpinan lembaga yang sedang mengajukan proses akreditasi secara online melalui Sispena Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut Pendidikan anak usia dini ini pada dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan ...oleh pendidik dan orangtua dalam proses perawatan pengasuhan dan pendidikan pada anak dengan menciptakan aura serta lingkungan di mana anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan kepadanya untuk mengetahui dan memahami pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan melalui cara mengamati meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak Tujuan pendidikan anak usia dini ini secara umum yakni untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya Buku ini merupakan pegangan utama textbook yang mengulas mengenai teori manajemen dan best practice dari 8 delapan Standar Nasional Pendidikan untuk Anak Usia Dini yakni Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Isi Proses Tenaga Pendidikan dan Pendidikan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Pembiayaan dan Penilaian yang disertai dengan contoh contoh dokumen sebagai bukti fisiknya Dengan demikian buku ini dapat menjadi referensi penting bagi para mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Tim Pengembangan Kurikulum Sekolah TPKS yang sedang melakukan evaluasi peninjauan kurikulum dan juga pimpinan lembaga yang sedang mengajukan proses akreditasi secara online melalui Sispena