Sinopsis Buku: Buku ini menjelaskan secara komprehensif tentang *Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Akreditasi Lembaga*. Buku ini ditujukan untuk menjadi panduan praktis bagi mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, Tim Pengembangan Kurikulum Sekolah (TPKS), serta pimpinan lembaga pendidikan yang sedang mengajukan proses akreditasi lembaga melalui platform *SisPenA*. Buku ini berisi berbagai bab yang membahas konsep dasar manajemen, termasuk pengertian, fungsi, filsafat, dan asas-asas manajemen. Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang penentuan tujuan organisasi dalam pembuatan keputusan, misi, dan visi lembaga pendidikan. Di bagian berikutnya, buku ini menyajikan standar yang menjadi acuan dalam manajemen PAUD, seperti standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, serta standar penilaian. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan instrumen akreditasi, rubrik penilaian, contoh surat permohonan akreditasi, surat pernyataan tanggung jawab mutlak, dan panduan pengisian *SisPenA*. Semua materi ini dirancang untuk membantu pembaca dalam mempersiapkan dan memperoleh akreditasi lembaga pendidikan yang kompeten dan unggul. Buku ini juga menjadi referensi yang bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut Pendidikan anak usia dini ini pada dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan orangtua dalam proses perawatan pengasuhan dan pendidikan pada anak dengan menciptakan aura serta lingkungan di mana anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan kepadanya untuk mengetahui dan memahami pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan melalui cara mengamati meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak Tujuan pendidikan anak usia dini ini secara umum yakni untuk mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya Buku ini merupakan pegangan utama textbook yang mengulas mengenai teori manajemen dan best practice dari 8 delapan Standar Nasional Pendidikan untuk Anak Usia Dini yakni Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Isi Proses Tenaga Pendidikan dan Pendidikan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Pembiayaan dan Penilaian yang disertai dengan contoh contoh dokumen sebagai bukti fisiknya Dengan demikian buku ini dapat menjadi referensi penting bagi para mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini Tim Pengembangan Kurikulum Sekolah TPKS yang sedang melakukan evaluasi peninjauan kurikulum dan juga pimpinan lembaga yang sedang mengajukan proses akreditasi secara online melalui Sispena
Jumlah Halaman | 348 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-218-393-3 |
eISBN | 978-623-218-394-0 |