Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam upaya meningkatkan kualitas dan mengatasi kelemahan pendidikan Islam di Indonesia. Buku ini mencakup lima bab utama yang membahas tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam pendidikan Islam, mulai dari visi, misi, tujuan, dasar, dan landasan pendidikan hingga metode pembelajaran, sarana, evaluasi, dan pembiayaan. Selain itu, buku ini juga membahas peran pendidikan Islam dalam menumbuhkan kecerdasan emosional dan mengupas pro-kontra tentang perlunya pendidikan seks bagi para remaja. Dalam bab-babnya, buku ini mencoba memberikan gambaran tentang peta permasalahan pendidikan Islam yang dihadapi saat ini, serta menawarkan alternatif pemecahan masalah tersebut. Buku ini bertujuan untuk membantu para perencana dan pelaksana pendidikan Islam di Indonesia dalam mengatasi tantangan yang dihadapi, sehingga dapat menciptakan sistem pendidikan Islam yang lebih unggul dan relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A., yang merupakan tokoh penting dalam bidang pendidikan Islam di Indonesia. Buku ini merupakan edisi keempat yang telah diperbaiki dan disempurnakan, serta dilengkapi dengan materi baru dalam Bab 10 yang membahas "Menuju Pendidikan Islam yang Unggul". Buku ini merupakan referensi penting bagi para akademisi, praktisi pendidikan, dan pecinta pendidikan Islam yang ingin meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Kehadiran buku ini selain ditujukan untuk ikut serta mengembangkan studi pendidikan Islam dan menyediakan bahan perkuliahan yang dibutuhkan oleh para mahasiswa juga dalam rangka memberikan kontribusi bagi pemecahan problematika pendidikan Islam di Indonesia Sebagai sebuah proses yang berlangsung secara cepat dan dinamis pendidikan Islam termasuk yang paling banyak menghadapi problematika Berbagai aspek yang terkait dengan kegiatan pendidikan Islam mulai dari visi misi tujuan dasar dan landasan pendidikan tujuan kurikulum tenaga pendidikan metodologi pembelajaran sarana prasarana evaluasi dan pembiayaan secara keseluruhan mengandung permasalahan yang hingga kini belum dapat dipecahkan secara tuntas Demikian pula perhatian dan kesungguhan pihak pemerintah dan masyarakat dalam ikut serta mengatasi permasalahan pendidikan sebagaimana tersebut di atas masih merupakan persoalan yang belum terpecahkan
Jumlah Halaman | 417 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 979-3465-02-6 |
eISBN | 978-602-422-757-9 |