Berkaitan dengan berlakunya PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional maka salah satu dimensi kompetensi yang mendapat sorotan adalah kompetensi manajerial dari para pimpinan sekolah madrasah yang mencakup kemampuan menyusun rencana pengembangan sekolah madrasah RPS tersebut pada gilirannya akan menjadi panduan untuk mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan di masa yang akan datang Buku ini berusaha memberikan kerangka teoretis dan panduan praktis kepada pengelola sekolah madrasah untuk menyusun RPS M yang bersifat komprehensif serta strategi untuk mencapai tujuan tersebut Di antara topik utama dalam buku ini adalah Tema tema pokok yang dibahas dalam buku ini antara lain Manajemen dan kepemimpinan madrasah sekolah Budaya madrasah manajemen risiko Mengembangkan rencana program dan rencana kegiatan Tahapan dan pelaksanaan penyusunan rencana kerja sekolah madrasah Berkaitan dengan berlakunya PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional maka salah satu dimensi kompetensi yang mendapat sorotan adalah kompetensi manajerial dari para pimpinan sekolah madrasah yang mencakup kemampuan menyusun rencana pengembangan sekolah madrasah RPS tersebut pada gilirannya akan menjadi panduan untuk mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya yang ada guna ...mencapai tujuan di masa yang akan datang Buku ini berusaha memberikan kerangka teoretis dan panduan praktis kepada pengelola sekolah madrasah untuk menyusun RPS M yang bersifat komprehensif serta strategi untuk mencapai tujuan tersebut Di antara topik utama dalam buku ini adalah Tema tema pokok yang dibahas dalam buku ini antara lain Manajemen dan kepemimpinan madrasah sekolah Budaya madrasah manajemen risiko Mengembangkan rencana program dan rencana kegiatan Tahapan dan pelaksanaan penyusunan rencana kerja sekolah madrasah