Sinopsis Buku: Buku ini membahas mengenai *Manajemen Pendidikan* dan aplikasinya dalam penyusunan *Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah* (RPS/M). Buku ini ditulis oleh Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A., Dr. Hj. Sutiāah, M.Pd., dan Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Pd., yang merupakan para ahli pendidikan. Buku ini merupakan edisi pertama yang diterbitkan pada tahun 2009 dan berisi panduan komprehensif bagi para pimpinan sekolah/madrasah dalam menyusun rencana pengembangan yang efektif dan berorientasi ke depan. Dalam buku ini dijelaskan bahwa RPS/M merupakan dokumen yang sangat penting, karena merupakan prasyarat untuk memperoleh *Dana Pengembangan Sekolah/Madrasah* (DPS/M). Selain itu, RPS/M juga merupakan dasar dalam melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi berbagai aspek pengembangan sekolah/madrasah sesuai dengan standar nasional pendidikan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005. Standar nasional pendidikan terdiri dari delapan standar, seperti standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, serta penilaian pendidikan. Buku ini juga menekankan pentingnya melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder), seperti guru, siswa, orang tua, komite sekolah, dan tokoh masyarakat dalam proses penyusunan RPS/M. Dengan melibatkan semua pihak, RPS/M akan menjadi dokumen yang lebih relevan dan dapat mendorong kolaborasi dalam pengembangan sekolah/madrasah. Selain itu, buku ini juga menyebutkan bahwa penyusunan RPS/M harus berorientasi pada tujuan jangka panjang, menengah, dan pendek, serta harus mampu menjembatani antara kondisi saat ini dengan harapan yang ingin dicapai di masa depan. Dengan RPS/M yang komprehensif, sekolah/madrasah dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada dan yang mungkin diperoleh, guna mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, buku ini menjadi panduan yang sangat relevan dan penting bagi para pimpinan sekolah/madrasah dalam menyusun rencana pengembangan yang baik dan berkelanjutan.
Berkaitan dengan berlakunya PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional maka salah satu dimensi kompetensi yang mendapat sorotan adalah kompetensi manajerial dari para pimpinan sekolah madrasah yang mencakup kemampuan menyusun rencana pengembangan sekolah madrasah RPS tersebut pada gilirannya akan menjadi panduan untuk mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya yang ada guna mencapai tujuan di masa yang akan datang Buku ini berusaha memberikan kerangka teoretis dan panduan praktis kepada pengelola sekolah madrasah untuk menyusun RPS M yang bersifat komprehensif serta strategi untuk mencapai tujuan tersebut Di antara topik utama dalam buku ini adalah Tema tema pokok yang dibahas dalam buku ini antara lain Manajemen dan kepemimpinan madrasah sekolah Budaya madrasah manajemen risiko Mengembangkan rencana program dan rencana kegiatan Tahapan dan pelaksanaan penyusunan rencana kerja sekolah madrasah
Jumlah Halaman | 458 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2015 |
ISBN | 978-979-1486-81-1 |
eISBN | 978-602-422-418-9 |