Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan prinsip-prinsip manajemen pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas proses pendidikan. Dalam bab pertama, buku ini memberikan pengantar mengenai pentingnya manajemen pembelajaran dalam konteks pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Bab kedua menjelaskan secara rinci konsep manajemen pembelajaran, yang meliputi pengelolaan tempat belajar, bahan belajar, kegiatan dan waktu, siswa, sumber belajar, serta perilaku mengajar. Penulis juga menguraikan berbagai aspek psikologi pembelajaran, mekanisme pembelajaran, model pembelajaran, dan jenis-jenis model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, buku ini juga menyajikan prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional yang diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, serta pentingnya hak cipta dalam konteks penggunaan bahan belajar. Buku ini juga menyoroti tantangan dalam perubahan paradigma pendidikan, khususnya dalam konteks perubahan kurikulum yang harus diimbangi dengan perubahan pola pikir dan pendekatan para pendidik. Penulis menekankan bahwa mutu pendidikan tidak hanya tergantung pada kurikulum, tetapi juga pada kualitas proses pembelajaran yang dijalani oleh guru dan siswa. Buku ini menjadi panduan praktis bagi para guru, calon guru, dan pelaku pendidikan dalam menciptakan proses pembelajaran yang bermutu, komprehensif, dan berkelanjutan. Dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip manajemen dan pendekatan pembelajaran yang efektif, buku ini bertujuan untuk membantu para pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
Pergantian kurikulum tidak selamanya memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan sebab walaupun secara konseptual kurikulum berubah tetapi paradigma pola pikir pola mengajar strategi pembelajaran teknik pembelajaran proses pembelajaran learning process dan sistem evaluasi yang dilakukan para guru tidak pernah berubah Artinya perubahan kurikulum yang tidak disertai perubahan paradigma para pendidik dalam proses pembelajaran maka perubahan atau penggantian kurikulum tersebut dampaknya tidak akan terasa secara signifikan karena harus kita akui bahwa mengubah paradigma mind set atau pola pikir bukan perkara mudah apalagi cara pandang ini sudah sangat lama berpuluh puluh tahun maka apabila keinginan berubah hanya faktor eksternal saja tidak disertai keinginan kuat dari internal guru itu sendiri dimungkinkan perubahan itu akan sulit terwujud Berbicara mutu pendidikan tetapi terlepas dari membicarakan mutu proses pembelajaran maka pembicaraan tersebut hanya bersifat kamuflase saja karena mutu pendidikan tidak terjadi dengan sendirinya mutu pendidikan tidak terjadi sekonyong konyong mutu pendidikan tidak akan terjadi dengan begitu saja perlu sebuah proses pembelajaran yang bermutu pula baik di dalam maupun di luar kelas Dalam makna lain mustahil mutu pendidikan akan terjadi apabila tidak dimulai dari proses pembelajaran yang bermutu antara siswa dengan siswa siswa dengan guru guru dengan guru guru dengan kepala sekolah kepala sekolah dengan pengawas sekolah pengawas sekolah dengan sesama pengawas sekolah atau dengan guruguru kepala sekolah binaannya Untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran diperlukan perencanaan pembelajaran yang baik pelaksanaan pembelajaran yang bermutu serta diperlukan pengevaluasian yang berkualitas artinya pembelajaran harus dikelola dengan baik pembelajaran harus ditata dengan baik pembelajaran harus diatur dengan baik Pengelolaan penataan pengaturan itulah disebut Manajemen Pembelajaran Buku Manajemen Pembelajaran ini dimaksudkan agar menjadi pendamping para guru atau calon untuk menciptakan suatu proses pembelajaran bermutu secara komprehensif dalam komunikasi dan interaksi pembelajaran dengan menerapkan prinsip prinsip manajemen dan fungsi fungsi manajemen thefunction management
Jumlah Halaman | 91 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-522-5 |
eISBN | 978-602-475-533-1 |