Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Manajemen Pembelajaran Berbasis Keterampilan*, yang merupakan pendekatan pendidikan modern yang menekankan pengembangan keterampilan hidup dan kemampuan praktis peserta didik. Buku ini terdiri dari sembilan bab yang berisi penjelasan komprehensif mengenai berbagai aspek manajemen dalam pendidikan, termasuk manajemen pendidikan, pembelajaran, kurikulum, peserta didik, tenaga kependidikan, sarana prasarana, pembiayaan, hubungan sekolah dan masyarakat, serta hubungan budaya dan masyarakat. Buku ini tidak hanya menjelaskan konsep-konsep manajemen pendidikan secara teoritis, tetapi juga menyajikan implementasi praktis serta konsep perencanaan, pengorganisasian, implementasi, pengendalian, monitoring, dan evaluasi dalam berbagai aspek manajemen pendidikan. Penulis juga mengupas pentingnya keterampilan hidup sebagai bagian integral dari proses pembelajaran, serta bagaimana manajemen pembelajaran dapat dirancang untuk mendukung pengembangan keterampilan tersebut secara efektif dan efisien. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pendidik, pengelola sekolah, dan calon pengambil kebijakan pendidikan dalam menciptakan sistem pembelajaran yang lebih inklusif, inovatif, dan berorientasi pada keterampilan abad ke-21.
Terdapat beberapa konsep yang berkaitan dengan manajemen pembelajaran berbasis keterampilan hidup life skill yaitu a manajemen kurikulum b manajemen peserta didik c manajemen pendidik dan tenaga kependidikan d manajemen sarana dan prasarana e manajemen pembiayaan f manajemen hubungan sekolah dan masyarakat g manajemen budaya dan lingkungan Sedangkan konsep yang mengantarkan keberhasilan pembelajaran berbasis kecakapan hidup life skill adalah motivasi Keseluruhan upaya manajemen tersebut adalah untuk terwujudnya kecakapan hidup life skill bagi peserta didik
Jumlah Halaman | 202 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-175-2 |
eISBN | proses |