Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara komprehensif tentang konsep dan strategi manajemen pemasaran yang diperlukan untuk merancang dan mengembangkan strategi pemasaran bagi suatu unit bisnis. Buku ini terdiri dari empat bagian dan dua puluh dua bab yang disusun berdasarkan kerangka pikiran yang terstruktur, yaitu: menganalisis lingkungan eksternal dan internal, memahami perilaku pasar konsumen, mensegmentasikan dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran yang tepat, serta menyusun organisasi pemasaran yang efektif. Selain itu, buku ini juga menjelaskan berbagai teori dan konsep pemasaran yang relevan, dilengkapi dengan berbagai kasus pemasaran dari berbagai perusahaan di Indonesia, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep tersebut dalam praktik bisnis. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana, singkat, dan padat, sehingga cocok untuk para pemula, praktisi bisnis, mahasiswa, dan para pemerhati ilmu pemasaran. Buku ini juga memberikan penekanan pada pentingnya etika bisnis dan tanggung jawab sosial korporasi (CSR) dalam merancang strategi pemasaran yang berorientasi pada mekanisme persaingan pasar, sehingga mampu memberikan keuntungan secara ekonomi sekaligus menjaga nilai-nilai sosial dan etika yang relevan. Materi buku ini cocok digunakan sebagai referensi untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan.
Buku ini dijelaskan berbagai pendekatan dan opsi basic marketing strategy yang dapat dipilih Pada akhir uraian akan dijelaskan pilihan struktur organisasi pemasaran yang sesuai dengan sifat pasar produknya dan kemampuan yang dimiliki perusahaan