Logo Bacabuku
Manajemen Pelayanan Publik

Manajemen Pelayanan Publik

Muhamad Muiz Raharjo, S.STP., M.Si.; Dr. Icuk R B., S.H., S.E., M.Si., M.H., Ak, CA, ASEAN CPA, CTAP, CPA, CertIPSA
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini menyajikan pembahasan lengkap mengenai *Manajemen Pelayanan Publik* dalam enam bab yang terstruktur secara sistematis. Bab pertama membahas konsep dasar manajemen pelayanan publik, mencakup konsep dan teori manajemen institusi publik, lingkup dan corak pelayanan publik, serta dimensi dan kualitas kinerja dalam pelayanan publik. Bab kedua berfokus pada kajian normatif implementasi kebijakan pelayanan publik di Indonesia, meliputi maksud, tujuan, asas, ruang lingkup, pembina, organisasi penyelenggara, hak, kewajiban, dan larangan penyelenggara pelayanan publik. Bab ketiga membahas isu dan inovasi manajemen pelayanan publik, termasuk tantangan yang dihadapi, pentingnya inovasi, serta beberapa pengalaman praktik dan roadmap pedoman inovasi. Bab keempat menjelaskan kunci sukses manajemen pelayanan publik, seperti pengelolaan SDM, pengawasan, etika dan profesionalisme, serta pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pelayanan publik. Bab kelima khusus membahas pelayanan administrasi kependudukan, meliputi arti pentingnya, hak dan kewajiban penduduk, kewenangan penyelenggara, serta sistem informasi administrasi kependudukan. Buku ini merupakan referensi yang relevan bagi para penyelenggara pelayanan publik, pelaku kebijakan, serta akademisi yang ingin memahami dan menerapkan manajemen pelayanan publik secara efektif dan efisien.

Sinopsis ebook

Buku ini secara lengkap membahas 6 enam bab terkait manajemen pelayanan publik Bab pertama Konsep Dasar Manajemen Pelayanan Publik meliputi konsep dan teori manajemen institusi publik lingkup corak dimensi dan kualitas pelayanan publik serta pelayanan sektor publik dan privat Bab kedua Kajian Normatif Implementasi Kebijakan Pelayanan Publik di Indonesia meliputi maksud tujuan asas dan ruang lingkup pembina organisasi penyelenggara dan penataan hak kewajiban dan larangan penyelenggara penyelenggaraan dan peran serta masyarakat penyelesaian pengaduan serta ketentuan sanksi dalam pelayanan publik Bab ketiga Isu dan Inovasi Manajemen Pelayanan Publik meliputi isu dan potret buram tantangan manajemen arti penting inovasi beberapa pengalaman praktik baik inovasi dan roadmap pedoman inovasi pelayanan publik Bab keempat Kunci Sukses Manajemen Pelayanan Publik meliputi pengelolaan SDM pengawasan etika dan profesionalisme serta teknologi dan informasi pelayanan publik Bab kelima Pelayanan Administrasi Kependudukan meliputi arti penting pelayanan kewenangan penyelenggara instansi pelaksana dan sistem informasi administrasi kependudukan hak dan kewajiban serta pelayanan pendaftaran penduduk pencatatan sipil data dan dokumen Bab keenam Pelayanan Prima dan Standar Pelayanan Minimal Daerah meliputi prinsip pelayanan prima serta penetapan dan jenis SPM daerah SPM daerah bidang pendidikan kesehatan pekerjaan umum dan perumahan rakyat ketenteraman ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sosial serta pelaporan pembinaan dan pengawasan SPM daerah

Detail Buku

Jumlah Halaman 266
Kategori Manajemen
Penerbit Bumi Aksara
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-328-153-9
eISBN proses
Manajemen Pelayanan Publik

Manajemen Pelayanan Publik

Muhamad Muiz Raharjo, S.STP., M.Si.; Dr. Icuk R B., S.H., S.E., M.Si., M.H., Ak, CA, ASEAN CPA, CTAP, CPA, CertIPSA