Sinopsis Buku: Buku *Manajemen Mutu Pendidikan* ini membahas konsep, prinsip, dan implementasi penjaminan mutu pendidikan di Indonesia, dengan fokus pada peran kepala sekolah/madrasah sebagai lokomotif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Buku ini disusun untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang mutu pendidikan dari perspektif al-Qur’an dan hadis, serta menjelaskan kebijakan nasional dalam penjaminan mutu pendidikan. Buku ini juga membahas evolusi konsep quality control (QC), quality assurance (QA), dan total quality management (TQM) dalam konteks pendidikan. Selain itu, buku ini menjelaskan sistem penjaminan mutu pendidikan berdasarkan Permendiknas No. 63 Tahun 2009, termasuk mekanisme penjaminan mutu, tujuan, dan peran pemangku kepentingan. Selain itu, buku ini juga membahas evaluasi diri satuan pendidikan (EDS/M), termasuk manfaat, bentuk instrumen, dan peran EDS/M dalam pembentukan budaya mutu di sekolah/madrasah. Buku ini menjadi referensi yang komprehensif dan relevan bagi para pemangku kepentingan pendidikan, khususnya kepala sekolah/madrasah, guru, dan pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan secara nasional.
Peningkatan mutu pendidikan khususnya pada satuan pendidikan memerlukan adanya kepala sekolah madrasah yang handal tangguh dan berkemampuan yang secara bersama sama dengan seluruh pemangku kepentingan di sekolah madrasah dapat memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada semua peserta didik
Jumlah Halaman | 228 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-495-238-4 |
eISBN | proses |