Manajemen Mutu Pendidikan disusun berdasarkan tiga paradigma teori mutu pendidikan aspek mutu pendidikan dan lembaga mutu pendidikan Pertama disajikan 16 teori manajemen mutu Teori mutu disajikan secara singkat sehingga untuk memahaminya secara utuh dan mendalam memerlukan kajian lebih lanjut dan mandiri Kedua disajikan kebijakan kebijakan mutu di Indonesia yang dibungkus dalam dua bab yaitu aspek aspek mutu dan lembaga mutu pendidikan Aspek mutu misalnya guru siswa biaya sekolah kurikulum dan kampus sedangkan lembaga mutu pendidikan seperti Lembaga Penjamin Mutu Internal Kurikulum dan Asesmen Nasional BSKAN Badan Akreditasi Nasional BAN Teori dan kebijakan mutu pada dasarnya saling melengkapi yang memiliki tujuan sama meningkatkan mutu sekolah atau kampus Efektivitas pelaksanaannya membutuhkan komitmen bersama di bawah kendali kepala sekolah atau rektor Untuk menghasilkan lulusan lembaga pendidikan yang kompeten diperlukan input dan proses pendidikan yang bermutu Buku ini merupakan buku ajar untuk matakuliah Manajemen Mutu Pendidikan yakni salah satu mata kuliah wajib di program studi Manajemen Pendidikan atau Administrasi Pendidikan baik S 1 S 2 maupun S 3 Di dalamnya memuat pengetahuan konsep teori kebijakan praktik dan strategi peningkatan mutu pendidikan baik di tingkat dasar menengah hingga perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswa menjadi praktisi analis atau konsultan yang mampu mengembangkan sekolah madrasah dan kampus Manajemen Mutu Pendidikan disusun berdasarkan tiga paradigma teori mutu pendidikan aspek mutu pendidikan dan lembaga mutu pendidikan Pertama disajikan 16 teori manajemen mutu Teori mutu disajikan secara singkat sehingga untuk memahaminya secara utuh dan mendalam memerlukan kajian lebih lanjut dan mandiri Kedua disajikan kebijakan kebijakan mutu di Indonesia yang dibungkus dalam ...dua bab yaitu aspek aspek mutu dan lembaga mutu pendidikan Aspek mutu misalnya guru siswa biaya sekolah kurikulum dan kampus sedangkan lembaga mutu pendidikan seperti Lembaga Penjamin Mutu Internal Kurikulum dan Asesmen Nasional BSKAN Badan Akreditasi Nasional BAN Teori dan kebijakan mutu pada dasarnya saling melengkapi yang memiliki tujuan sama meningkatkan mutu sekolah atau kampus Efektivitas pelaksanaannya membutuhkan komitmen bersama di bawah kendali kepala sekolah atau rektor Untuk menghasilkan lulusan lembaga pendidikan yang kompeten diperlukan input dan proses pendidikan yang bermutu Buku ini merupakan buku ajar untuk matakuliah Manajemen Mutu Pendidikan yakni salah satu mata kuliah wajib di program studi Manajemen Pendidikan atau Administrasi Pendidikan baik S 1 S 2 maupun S 3 Di dalamnya memuat pengetahuan konsep teori kebijakan praktik dan strategi peningkatan mutu pendidikan baik di tingkat dasar menengah hingga perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswa menjadi praktisi analis atau konsultan yang mampu mengembangkan sekolah madrasah dan kampus