Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara sistematis tentang cara meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola serta memberdayakan sumber daya yang ada. Dalam konteks ini, peran kepala sekolah sebagai pelaku utama sangat penting dalam mencapai keberhasilan otonomi sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia serta sumber dana untuk mendukung pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya manajemen mutu pendidikan sebagai aspek dari seluruh fungsi manajemen yang menetapkan dan melaksanakan kebijakan mutu. Konsep manajemen mutu (QM) dan total quality management (TQM) semakin banyak diadopsi dalam dunia pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku ini juga menyoroti pentingnya strategi pemecahan masalah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, termasuk penggalian variabel-variabel yang memengaruhi proses pembelajaran. Dengan pendekatan *lesson study for learning community*, sekolah diharapkan mampu menjadi organisasi yang mendorong setiap individu untuk terus belajar dan berkembang, serta siap menghadapi perubahan melalui pendekatan *learning organization*. Dengan memadukan konsep manajemen mutu, otonomi sekolah, dan kolaborasi antara guru dan peserta didik, buku ini menjadi panduan yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara sistematis tentang cara meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola serta memberdayakan sumber daya yang ada. Dalam konteks ini, peran kepala sekolah sebagai pelaku utama sangat penting dalam mencapai keberhasilan otonomi sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia serta sumber dana untuk mendukung pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya manajemen mutu pendidikan sebagai aspek dari seluruh fungsi manajemen yang menetapkan dan melaksanakan kebijakan mutu. Konsep manajemen mutu (QM) dan total quality management (TQM) semakin banyak diadopsi dalam dunia pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku ini juga menyoroti pentingnya strategi pemecahan masalah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, termasuk penggalian variabel-variabel yang memengaruhi proses pembelajaran. Dengan pendekatan *lesson study for learning community*, sekolah diharapkan mampu menjadi organisasi yang mendorong setiap individu untuk terus belajar dan berkembang, serta siap menghadapi perubahan melalui pendekatan *learning organization*. Dengan memadukan konsep manajemen mutu, otonomi sekolah, dan kolaborasi antara guru dan peserta didik, buku ini menjadi panduan yang komprehensif untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.
Jumlah Halaman | 24 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-353-2 |
eISBN |