Logo Bacabuku
Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital

Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital

Muhammad Ikhwan
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital* ini menyajikan analisis mendalam mengenai tantangan dan strategi dalam mengelola berbagai bentuk media di era digital yang semakin pesat. Buku ini mengupas tiga jenis media utama, yaitu media cetak, media penyiaran (seperti radio), dan media digital. Dalam konteks perubahan teknologi dan kebiasaan masyarakat, buku ini menjelaskan bagaimana media cetak, meskipun mengalami penurunan penggunaan, masih memiliki keunggulan dan pembaca setia. Sementara itu, radio sebagai media tertua, tetap menjadi bagian penting dalam peradaban manusia. Di sisi lain, media digital dengan perkembangannya yang pesat mengubah paradigma dunia pers. Buku ini juga membahas fenomena disrupsi digital yang memengaruhi berbagai sektor, termasuk media. Banyak media cetak yang harus berhenti terbit, seperti koran Tempo, Koran IndoPos, dan Suara Pemilih, yang menjadikan media cetak sebagai “korban” dari pergeseran ini. Meski demikian, buku ini menegaskan bahwa kajian tentang media cetak tetap relevan, karena masih memiliki pembaca loyal dan keunggulan dalam menyajikan informasi yang mendalam. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran dan tantangan media penyiaran dan digital dalam konteks pers kontemporer. Dengan menggabungkan studi kasus, data riset, dan analisis teoritis, buku ini menjadi panduan yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan di bidang media, seperti pengelola media, jurnalis, dan akademisi yang tertarik memahami dinamika pers di era modern.

Sinopsis ebook

Transformasi digital pada media adalah keniscayaan Tidak hanya media digital itu sendiri tapi juga pada media tradisional media cetak dan media penyiaran radio dan televisi Tanpa beradaptasi dengan teknologi sebuah media akan kalah dan tenggelam dalam gelombang informasi Bagaimanapun digitalisasi telah mengubah cara produksi dan distribusi konten serta cara khalayak mengonsumsi media Pada gilirannya konvergensi menjadi hal yang harus dilakukan Tidak hanya pada tataran teknologi tetapi juga pada konten media dan juga pengelolaan ruang redaksi Realitas inilah yang kini melahirkan banyak tantangan dan konsep baru dalam praktik media sehari hari Bagaimana pembagian kerja dan proses produksi konten media Bagaimana mengelola media di tengah disrupsi digital yang terjadi saat ini Strategi dan inovasi apa yang harus dilakukan agar media bisa bertahan dan bahkan bersaing dengan kompetitornya Dan secara khusus apa yang harus dilakukan media dan jurnalis dalam menyajikan infomasi Covid 19 Buku yang terdiri dari 18 bab ini akan berusaha menjawab berbagai pertanyaan tersebut Maka secara ringkas buku ini akan menyajikan berbagai hal tentang 1 Pengertian dan ruang lingkup manajemen media 2 Manajemen jurnalistik dan strategi media cetak 3 Manajemen organisasi dan produksi program radio 4 Manajemen produksi dan strategi program TV 5 Pemanfaatan media sosial TV digital dan konglomerasi media 6 Kajian media digital konvergensi dan pengaruhnya terhadap ruang redaksi 7 Hubungan media sosial dan jurnalisme serta model bisnis media 8 Elemen multimedia multimedia strorytelling dan contoh kasus penerapannya pada media 9 Panduan peliputan dan penulisan berita Covid 19

Detail Buku

Jumlah Halaman 417
Kategori Sosial
Penerbit Kencana
Tahun Terbit 2022
ISBN 978-623-384-124-5
eISBN 978-623-384-125-2
Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital

Manajemen Media Kontemporer: Mengelola Media Cetak, Penyiaran, dan Digital

Muhammad Ikhwan