Logo Bacabuku
Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya

Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya

Dr H M Najib, M.Hum; Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I; Solichin,S.Pd.,M.Pd
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang peran dan fungsi masjid sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter dalam upaya membentuk peserta didik yang berakhlak, beretika, dan memiliki nilai-nilai keislaman yang kuat. Dalam konteks ini, masjid tidak hanya dianggap sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai sarana pengembangan karakter melalui berbagai kegiatan yang dirancang secara sistematis. Buku ini menjelaskan konsep manajemen masjid sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian kegiatan yang dilakukan di dalamnya. Penulis menjelaskan bahwa keberadaan masjid di sekolah tidak hanya didukung oleh kebijakan pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2007, tetapi juga merupakan bentuk implementasi dari ajaran Nabi Muhammad SAW yang menekankan pentingnya pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini juga menyajikan tujuan dan indikator keberhasilan dalam implementasi pendidikan karakter melalui masjid sekolah, serta memberikan panduan operasional kepada para pemangku kebijakan, kepala sekolah, dan guru dalam memanfaatkan masjid sebagai sarana pendidikan karakter yang efektif. Buku ini merupakan referensi yang bermanfaat bagi para pengambil kebijakan, pendidik, dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan Islam, khususnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan karakter di sekolah-sekolah.

Sinopsis ebook

Ibarat seperti jamur yang tumbuh di musim penghujan masjid tumbuh begitu pesatnya di Indonesia Dalam rentang waktu 20 tahun angka pertumbuhan masjid di Indonesia sebesar 63 Saat ini jumlah keseluruhan masjid yang ada di Indonesia sebanyak 290 ribu bangunan Jumlah tersebut masih belum ditambahkan lagi dengan lebih dari 500 surau dan ratusan sejenis surau Jadi setiap 250 umat Muslim di Indonesia memiliki satu rumah ibadah Selain itu keberadaan masjid juga berkembang hingga ke pabrik pabrik perkantoran perkantoran dan juga sekolah sekolah Di sekolah masjid dapat tumbuh dengan begitu pesatnya didukung dengan terbit dan diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD MI SMP MTs dan SMA MA Pada peraturan tersebut sekolah di semua jenjang diwajibkan memiliki tempat ibadah seperti masjid Sebagai umat Islam tentu pesatnya pertumbuhan masjid tersebut menjadi prestasi yang membanggakan Namun sungguh sayang keberadaan masjid masjid di masyarakat perkantoran pabrik pabrik dan khususnya di sekolah sekolah kebanyakan hanya difungsikan sebagai tempat ibadah Sangat jarang masjid yang difungsikan sebagaimana meskinya yaitu sebagai tempat kegiatan pembentukan karakter umat manusia seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad Saw Buku ini menjadi guideline bagi para pembaca yang sedang berupaya menjadikan masjid sekolah sebagai laboratorium pendidikan karakter

Detail Buku

Jumlah Halaman 160
Kategori Pendidikan
Penerbit Gava Media
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-7869-90-5
eISBN 978-602-6948-40-3
Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya

Manajemen Masjid Sekolah Sebagai Laboratoium Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya

Dr H M Najib, M.Hum; Novan Ardy Wiyani, M.Pd.I; Solichin,S.Pd.,M.Pd