Sinopsis Buku: Buku ini membahas berbagai aspek manajemen layanan khusus di lingkungan sekolah, dengan fokus pada beberapa unit sekolah yang berperan dalam pendidikan dan pembelajaran. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang membahas secara mendalam konsep, tujuan, fungsi, prinsip, jenis layanan, serta proses Manajemen Layanan Khusus (MLK) di berbagai unit sekolah, seperti Bimbingan Konseling, Perpustakaan Sekolah, Laboratorium Sekolah, Ekstrakurikuler, Usaha Kesehatan Sekolah, Kafetaria Sekolah, Koperasi Sekolah, dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Dalam bab pertama, buku ini menjelaskan konsep dasar bimbingan konseling, termasuk tujuan, fungsi, prinsip, jenis layanan, dan proses MLK yang diterapkan di sekolah. Bab kedua membahas perpustakaan sekolah, termasuk konsep dasar, tujuan, fungsi, proses MLK, serta pembinaan minat baca. Bab ketiga dan keempat fokus pada laboratorium sekolah dan ekstrakurikuler, masing-masing menjelaskan fasilitas, standar ruang, prinsip layanan, jenis kegiatan, dan proses MLK yang diterapkan. Selanjutnya, bab kelima sampai dengan bab ketujuh menggambarkan usaha kesehatan sekolah, kafetaria sekolah, dan koperasi sekolah, yang masing-masing menjelaskan konsep dasar, tujuan, fungsi, prinsip layanan, jenis kegiatan, serta proses MLK yang relevan. Bab terakhir membahas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), termasuk konsep dasar, tujuan, fungsi, dan peran dalam manajemen layanan khusus di sekolah. Buku ini dirancang untuk menjadi acuan praktis dan teoretis bagi para pelaku manajemen pendidikan, guru, konselor, dan semua pihak yang berkecimpung dalam pengembangan layanan khusus di lingkungan sekolah. Buku ini juga memberikan gambaran holistik tentang bagaimana layanan khusus dapat dikelola secara efektif dan efisien untuk mendukung pembelajaran, kesejahteraan, dan pengembangan siswa secara komprehensif.
Pengelolaan manajemen layanan khusus merupakan salah satu dari substansi ekstensi manajemen pendidikan yaitu bidang garapan di dunia pendidikan yang harus dikelola karena berkontribusi besar terhadap kesuksesan proses substansi inti Dengan demikian layanan khusus perlu dikelola dengan proses manajemen yang efektif Buku ini membahas tiga belas layanan khusus peserta didik di sekolah yang meliputi layanan bimbingan konseling perpustakaan laboratorium ekstrakuri kuler UKS kafetaria koperasi OSIS transportasi asrama sekolah akselerasi kelas inklusi dan pendidikan sistem ganda prakerin Kajian fungsi manajemen layanan khususnya terdiri dari perencanaan pengorganisasian penggerakan dan pengawasan Perencanaan meliputi analisis kebutuhan dan penyusunan program layanan khusus Pengorganisasian berupa pembagian tugas untuk melaksanakan program layanan khusus Penggerakan meliputi pengaturan pelaksanaan layanan khusus Adapun pengawasan berupa pemantauan dan penilaian kinerja program layanan khusus di sekolah Buku ini layak dijadikan sebagai bahan referensi dalam mata kuliah manajemen layanan khusus ataupun sebagai rujukan dalam mengelola layanan khusus di sekolah Buku ini cocok dibaca oleh para mahasiswa dosen pendidik kepala sekolah manajer atau pimpinan instansi pendidikan serta praktisi manajemen pendidikan
Jumlah Halaman | 198 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bumi Aksara |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-444-238-5 |
eISBN |