Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dengan pendekatan teoritis, filosofis, praktis, dan implementatif. Buku ini merupakan referensi utama bagi para calon pengelola, pengembang, dan pelaku pendidikan Islam dalam memahami konsep, tujuan, strategi, serta tahapan pengembangan kurikulum yang efektif dan relevan dengan konteks pendidikan Islam di lembaga pendidikan. Buku ini juga mencakup beberapa bab kunci, antara lain: - Pendahuluan yang memberikan latar belakang dan pentingnya pengelolaan kurikulum dalam pendidikan Islam. - Pengertian dan Tujuan Pemberdayaan yang menjelaskan konsep pemberdayaan dalam konteks pengembangan kurikulum. - Strategi Perencanaan Pengembangan Kurikulum Madrasah yang membahas cara merencanakan pengembangan kurikulum untuk memastikan kualitas pendidikan Islam. - Tahapan Pengembangan Kurikulum Di Madrasah yang menjelaskan langkah-langkah sistematis dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum. - Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Di Madrasah yang menyoroti prinsip-prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam pengembangan kurikulum. - Unsur-Unsur Dalam Pengembangan Kurikulum Di Madrasah yang menjelaskan komponen-komponen kunci dalam merancang kurikulum yang komprehensif. - Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam yang membahas pentingnya evaluasi dalam memastikan efektivitas dan keberlanjutan kurikulum. - Pendidikan Karakter yang menjelaskan konsep dasar pendidikan karakter dan bagaimana pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam kurikulum. - Strategi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam yang menyoroti berbagai strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan kurikulum yang inovatif dan kontekstual. Dengan pendekatan yang sederhana dan lugas, buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang manajemen kurikulum pendidikan Islam, serta memberikan panduan praktis bagi pengelola dan pelaku pendidikan dalam membangun kurikulum yang berkualitas dan berkelanjutan. Penulis berharap buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi semua pihak yang berkepentingan dalam dunia pendidikan Islam, serta menjadi sarana untuk mengembangkan kurikulum yang relevan dan mampu menciptakan generasi yang beriman, berakhlak, dan berkompeten.
Buku ini merupakan buku pengembangan dan pengelolaan kurikulum yang ditujukan untuk pembaca khususnya akademisi yang terdiri dari mahasiswa S1 S2 dan S3 juga para praktisi pendidikan yang terdiri dari guru dosen bahkan juga ustadz supaya memperolah pe
Jumlah Halaman | 238 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Garudhawaca |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-422-025-4 |
eISBN | 978-623-422-026-1 |