Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab, yang merupakan upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai adab dalam proses pembelajaran, terutama dalam konteks pendidikan tingkat Sekolah Dasar. Buku ini dilengkapi dengan studi kasus mengenai Kuttab Al Fatih Sidoarjo, sebuah lembaga pendidikan yang berhasil dalam membentuk generasi berakhlak mulia melalui pendekatan pendidikan adab yang komprehensif. Dalam buku ini, disampaikan bahwa pendidikan adab tidak hanya sekadar membentuk sikap dan perilaku sederhana, tetapi juga menjadi dasar dalam membangun karakter dan akhlak yang baik. Hal ini sangat relevan dengan peran penting guru sebagai pendidik yang tidak hanya mengajar, tetapi juga menjadi teladan dalam berakhlak. Guru yang memiliki kompetensi akademis dan ruhiyah yang baik akan menjadi pengaruh utama dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia. Selain itu, buku ini juga menjelaskan prinsip, fungsi, dan ruang lingkup manajemen kurikulum pendidikan adab, serta bagaimana kurikulum tersebut diterapkan di Kuttab Al Fatih Sidoarjo untuk menghasilkan generasi yang berakhlak mulia. Dalam studi kasus tersebut, disebutkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak, serta capaian pendidikan adab yang berhasil dicapai. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, calon pendidik, dan pengambil kebijakan pendidikan yang ingin memahami bagaimana pendidikan adab dapat menjadi bagian integral dari kurikulum sekolah, sebagai upaya membangun generasi yang berakhlak dan beriman.
Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia Pendidikan di Indonesia khsusnya berkaitan dengan manajemen kurikulum Buku ini terdiri dari lima bab Bab pertama membahas tentang pendahuluan Bab kedua membahas tentang manajemen kurikulum yang meliputi pengertian manajemen kurikulum prinsip manajemen kurikulum fungsi manajemen kurikulum dan ruang lingkup manajemen kurikulum Bab ketiga membahas tentang pendidikan abad yang meliputi pengertian Pendidikan adab dan hal yang perlu dipahami dalam pendidikan adab Bab ketiga membahas tentang Kuttab Al Fatih Sidoarjo dan generasi berakhlak mulia yang meliputi Kuttab Al Fatih Sidoarjo generasi berakhlak mulia dan factor pendorong dan penghambat Bab kelima membahas tentang studi manajemen kurikulum pendidikan adab yang meliputi paparan data capaian pendidikan adab dan faktor pendorong dan penghambat pendidikan adab di Kuttab Al Fatih Sidoarjo
Jumlah Halaman | 92 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6233-91-7 |
eISBN |