Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Manajemen Kurikulum Berbasis Penilaian Berdasarkan Kurikulum Merdeka Berbagi*, yang merupakan pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum di lingkungan pendidikan Indonesia. Buku ini mengupas secara mendalam tentang konsep, prinsip, dan implementasi Kurikulum Merdeka Berbagi sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan pembentukan karakter siswa yang berkualitas, berakhlak, serta memiliki kemampuan berpikir kritis dan bertanggung jawab. Kurikulum Merdeka Berbagi mengusung visi dan misi sekolah yang berorientasi pada pengembangan potensi dan keunggulan masing-masing institusi pendidikan, dengan tetap berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila. Buku ini menjelaskan bahwa kurikulum yang produktif harus mampu merespon dinamika dunia pendidikan, menghasilkan lulusan yang bernilai tambah, serta mewujudkan keberlanjutan pendidikan yang berbasis pada penilaian yang terpadu dan berkelanjutan. Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya kerja sama antara sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat dalam membangun nilai-nilai dan potensi siswa secara holistik. Setiap komponen dalam kurikulum harus dilengkapi dengan rubrik penilaian yang memadai, baik secara normatif maupun formatif, untuk memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga pada pembentukan sikap, nilai, dan kemampuan sosial yang berkembang secara seimbang. Dengan pendekatan ini, kurikulum menjadi alat ukur penilaian yang efektif bagi sekolah dalam mengevaluasi keberhasilan program pembelajaran dan mengembangkan karakter siswa yang siap menghadapi tantangan masa depan. Buku ini sangat relevan bagi para pendidik, kepala sekolah, dan pembelajar yang ingin memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka Berbagi secara efektif dan berkelanjutan.
Buku ini berjudul Manajemen Kurikulum Berbasis Penilaian Berdasarkan Kurikulum Merdeka Berbagi Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Berbasis Penilaian Berdasarkan Kurikulum Merdeka Berbagi Buku ini penyusun kontribusikan untuk bidang pendidikan di Indonesia pada umumnya dan khususnya bagi sistem penilaian untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama SMP Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami Manajemen Kurikulum Berbasis Penilaian Berdasarkan Kurikulum Merdeka Berbagi terutama untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama SMP
Jumlah Halaman | 62 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-497-266-5 |
eISBN | proses |