Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang model manajemen kemitraan guru produktif SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), sebagai upaya untuk menjawab tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Buku ini dilatarbelakangi oleh visi pendidikan kejuruan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang siap kerja, berjiwa wirausaha, kompetitif, dan mampu bersaing di pasar global. Buku ini dirancang sebagai panduan praktis bagi guru SMK produktif dalam melakukan kerja sama dengan DUDI melalui program magang dan kemitraan. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis selama menyelesaikan disertasi S-3 di Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model manajemen kemitraan yang efektif dan efisien, serta menganalisis tantangan dan kebutuhan dalam implementasi program kemitraan tersebut. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain: 1. Kemitraan dan Upaya Menjawab Tantangan, yang menjelaskan pentingnya kemitraan dalam pendidikan kejuruan dan tantangan yang dihadapi. 2. SMK dan Program Kemitraan, yang membahas peran SMK dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja dan kompetitif. 3. Model Manajemen Program Kemitraan, yang menjelaskan konsep dan fungsi manajemen dalam program kemitraan, termasuk proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan monitoring. 4. Temuan Pengembangan Model Manajemen Kemitraan, yang meliputi lima fungsi manajemen dalam formulasi model, serta persepsi terhadap kinerja model tersebut. 5. Keterbatasan Penelitian dan PR Bersama, yang menyoroti tantangan dalam penelitian dan rencana kerja sama yang perlu dilakukan oleh pihak terkait. Buku ini juga menyajikan kerangka konseptual model manajemen program dan kemitraan, serta kajian terhadap penelitian sebelumnya terkait kemitraan dalam pendidikan kejuruan. Buku ini menjadi referensi penting bagi para guru SMK produktif, penyelenggara pendidikan kejuruan, dan pemangku kepentingan dalam dunia usaha dan industri untuk membangun kerja sama yang produktif dan berkelanjutan.
Tujuan pendidikan menengah kejuruan SMK adalah menyiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu Ironisnya Badan Pusat Statistik BPS menyatakan bahwa pada tahun 2017 lulusan SMK menjadi penyumbang terbesar angka pengangguran di Indonesia yakni sebanyak 11 41 persen darijumlah pengangguran terbuka yang mencapai 7 04 juta orang Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia usaha dan industri tidak selalu dapat diikuti dunia pendidikan menjadi salah satu pemicunya Banyak guru SMK yang belum mempunyai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri DUDI untuk memberi bekal peserta didiknya memasuki dunia kerja Kemendikbud berusaha meningkatkan kualitas lulusan SMK melalui program kemitraan SMK dengan DUDI pada tahun 2011 2013 Program ini tidak dilanjutkan lagi karena adanya kesenjangan antara pelaksanaan manajemen program kemitraan dengan yang diharapkan Melalui buku ini penulis menawarkan model manajemen program dan model manajemen kemitraan guru produktif SMK dengan DUDI Analisis yang didasarkan dari hasil penelitian pengembangan disertai pengalaman penulis di dunia pendidikan menjadi alasan yang tepat bagi para guru dan tenaga pendidikan khususnya pada jenjang SMK untuk membaca buku ini
| Jumlah Halaman | 76 |
|---|---|
| Kategori | Novel |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2019 |
| ISBN | 978-623-217-125-1 |
| eISBN |