Setiap organisasi baik organisasi yang berorientasi pada keuntungan profit motive maupun organisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan non profit motive pasti mempunyai suatu unit khusus yang bertugas dalam bidang administrasi Dengan kata lain setiap organisasi pasti memerlukan suatu unit yang mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan administrasi Kegiatan administrasi merupakan kegiatan yang cakupannya luas Biasanya segala kegiatan administrasi diolah suatu unit tersendiri yang disebut dengan Bagian Administrasi Tata Usaha Sekretariat kantor dan lain sebagainya Kegiatan administrasi di suatu kantor pada dasarnya juga mempunyai suatu hasil seperti unit unit lainnya Hasil atau produk dari suatu kantor adalah surat formulir dan laporan Pengelolaan surat formulir dan laporan yang dihasilkan dan yang diterima oleh suatu kantor pada akhirnya akan berhubungan dengan kearsipan Jadi kegiatan administrasi pada dasarnya adalah menghasilkan menerima mengolah dan menyimpan berbagai surat formulir laporan dan lain sebagainya Setiap pekerjaan dan kegiatan di perkantoran memerlukan data dan informasi Salah satu sumber data adalah arsip karena arsip adalah bukti dan rekaman dari kegiatan atau transaksi mulai dari kegiatan terdepan loket dan tempat pembayaran sampai kepada kegiatan kegiatan kegiatan pengambilan keputusan Untuk pengambilan keputusan arsip diolah baik secara manual maupun dengan komputer komputerisasi menjadi suatu informasi yang siap dipakai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan Setiap organisasi baik organisasi yang berorientasi pada keuntungan profit motive maupun organisasi yang tidak berorientasi pada keuntungan non profit motive pasti mempunyai suatu unit khusus yang bertugas dalam bidang administrasi Dengan kata lain setiap organisasi pasti memerlukan suatu unit yang mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan administrasi Kegiatan administrasi merupakan ...kegiatan yang cakupannya luas Biasanya segala kegiatan administrasi diolah suatu unit tersendiri yang disebut dengan Bagian Administrasi Tata Usaha Sekretariat kantor dan lain sebagainya Kegiatan administrasi di suatu kantor pada dasarnya juga mempunyai suatu hasil seperti unit unit lainnya Hasil atau produk dari suatu kantor adalah surat formulir dan laporan Pengelolaan surat formulir dan laporan yang dihasilkan dan yang diterima oleh suatu kantor pada akhirnya akan berhubungan dengan kearsipan Jadi kegiatan administrasi pada dasarnya adalah menghasilkan menerima mengolah dan menyimpan berbagai surat formulir laporan dan lain sebagainya Setiap pekerjaan dan kegiatan di perkantoran memerlukan data dan informasi Salah satu sumber data adalah arsip karena arsip adalah bukti dan rekaman dari kegiatan atau transaksi mulai dari kegiatan terdepan loket dan tempat pembayaran sampai kepada kegiatan kegiatan kegiatan pengambilan keputusan Untuk pengambilan keputusan arsip diolah baik secara manual maupun dengan komputer komputerisasi menjadi suatu informasi yang siap dipakai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan oleh pimpinan