Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang manajemen hubungan pelanggan dalam konteks perbankan syariah di Indonesia. Penulis mengintegrasikan konsep-konsep manajemen hubungan pelanggan (CRM) dengan prinsip-prinsip syariah yang berasal dari Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Dengan pendekatan yang holistik, buku ini tidak hanya menjelaskan teori, tetapi juga menyajikan praktik penerapan dalam dunia nyata, khususnya di lingkungan perbankan syariah Indonesia. Selain itu, buku ini juga menyertakan kajian empiris yang mendukung kebenaran dan relevansi konsep-konsep yang disampaikan. Buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para akademisi, praktisi perbankan, dan semua pihak yang tertarik dalam memahami bagaimana prinsip-prinsip syariah dapat diintegrasikan dalam manajemen hubungan pelanggan yang efektif dan berkelanjutan.
Perbankan secara historis beroperasi di lingkungan yang relatif stabil selama beberapa dekade Namun saat ini industri ini menghadapi persaingan yang ketat dan bankbank telah kehilangan sebagian besar bisnis domestik mereka Persaingan sangat penting bagi profitabilitas dan kelangsungan hidup bank Zineldin 2005 Manajemen Hubungan Pelanggan adalah tren yang berkembang di bank saat ini dan bank menghabiskan banyak biaya untuk manajemen hubungan pelanggan Menurut Raffaella Molignani analis riset untuk program penelitian Layanan Informasi TI Eropa manajemen hubungan pelanggan masih berada di puncak prioritas perbankan IDC 2002 Manajemen hubungan pelanggan adalah strategi bisnis yang baik untuk mengidentifikasi pelanggan dan prospek bank yang paling menguntungkan dan mencurahkan waktu dan perhatian untuk memperluas hubungan akun dengan pelanggan tersebut melalui pemasaran individual repricing pengambilan keputusan secara diskresi dan layanan yang disesuaikan semuanya disampaikan melalui berbagai saluran penjualan Pembahasan buku ini diawali dengan mengungkap perbedaan bank konvensional dan bank syariah sejarah lahirnya bank syariah di Indonesia bagaimana bank syariah beroperasi di Indonesia serta posisi Bank Muamalat sebagai bank syariah pertama di Indonesia menempatkan dirinya sebagai bank yang memiliki keunggulan dalam membangun manajemen hubungan pelanggan sesuai dengan kebijakan internal perusahaan Pembahasan selanjutnya merupakan tinjauan terkait beberapa pengaplikasian prinsip syariah dalam kegiatan pemasaran yang menjadi dasar pembeda proses pemasarannya dengan pemasaran organisasi konvensional pada umumnya Pembahasan dilanjutkan dengan pengenalan mengenai manajemen hubungan pelanggan dalam konsep pemasaran perencanaan dan pengaplikasian kerangka 5 S dalam hubungan strategis konsep layanan pelanggan yang merupakan bagian integral dari konsep manajemen hubungan pelanggan serta pengungkapan prinsip kunci dan faktor penyebab kegagalan manajemen hubungan pelanggan sebagai bentuk penciptaan retensi dan akuisisi pelanggan Dalam buku ini juga diinterpretasikan terkait manajemen hubungan pelanggan serta kaitannya dengan nilai nilai islam penguraian nilai nilai islam dan penerapannya dalam kegiatan bisnis serta disajikan pula penelitian yang membahas konsep manajemen hubungan pelanggan pada lembaga syariah Pembahasan terkait karakteristik layanan dan keberadaannya dalam proses pembentukan kepuasan pelanggan dijelaskan pada bab selanjutnya Berikutnya disajikan uraian mengenai Bank Muamalat Indonesia termasuk sejarah visi misi budaya perusahaan sebagai bisnis dasarnya dan juga bentuk layanan pelayanan yang ada Pada bab yang sama dijelaskan pula mengenai pengaplikasian nilai islam dalam manajemen hubungan pelanggan di Bank Muamalat Indonesia pandangan manajemen hubungan pelanggan dari sudut pandang Bank Muamalat Indonesia termasuk nilai bisnis dasar yang ada hingga pada tantangan dalam pengembangan strategi manajemen hubungan pelanggan cara Bank Muamalat Indonesia dalam mengelola organisasinya Good Corporate Governance yang diterapkan oleh Bank Muamalat Indonesia serta kinerja Bank Muamalat Indonesia sebagai hasil dari penerapan strategi bisnis Pada bagian akhir dalam buku ini diuraikan kondisi penerapan manajemen hubungan pelanggan yang ada pada Bank Muamalat Indonesia yang digunakan sebagai acuan dalam pengevaluasian tantangan dan masalah serta didapatkan rekomendasi yang tepat dalam menangani berbagai permasalahan yang ada
Jumlah Halaman | 146 |
---|---|
Kategori | Manajemen |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-475-345-0 |
eISBN | 978-602-475-436-5 |