Manajemen diklat adalah upaya yang sistematis dan terencana dalam mengoptimalkan seluruh komponen diklat guna mencapai tujuan program secara efektif dan efisien Kebutuhan pendidikan dan pelatihan muncul karena adanya masalah masalah yang mengganggu kinerja organisasi seperti penurunan prestasi yang mencakup menurunnya pelayanan menurunnya tingkat produksi Di samping itu perubahan lingkungan organisasi yang penuh ketidakpastian memaksa sebuah organisasi untuk selalu menyesuaikan dan mengikuti arah perubahan tersebut Beberapa sebab lain adalah adanya kebutuhan diklat selain dipicu oleh permasalahan permasalahan terkait dengan kualitas angkatan kerja yang ada juga persaingan global serta adanya alih teknologi Kondisi masyarakat yang semakin maju baik tingkat ekonomi maupun sosial juga mempengaruhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan Tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan memberikan sinyal pada birokrasi untuk melakukan penyesuaian penyesuaian Sebuah organisasi harus mampu beradaptasi secara cepat agar perubahan yang terjadi tidak menggangggu kinerja organisasi Pendidikan dan Pelatihan Diklat merupakan suatu proses pembelajaran dalam organisasi yang mengarah pada perubahan sikap dan perilaku pegawai memenuhi harapan kualifikasi kerja dan tuntutan perkembangan organisasi baik internal maupun eksternal Kualitas diklat sangat tergantung pada manajemen diklat yang diselenggarakan antara lain pada ketepatan memilih materi diklat kualitas penatar nara sumber metode pelatihan serta evaluasi yang dilakukan Untuk itu pemilihan penatar harus benar benar sesuai dengan bidang keahlian serta pengalaman kerja yang dimilikinya Analisis terhadap kebutuhan diklat sebagai suatu tahapan dalam penyusunan program terkait dengan jenis prosedur model dan teknik diklat perlu dilakukan dalam manajemen diklat Penelusuran dimulai dengan analisis tugas fungsi yang ada kualifikasi persyaratan untuk memenuhi fungsi tersebut kemudian mencari solusi jenis diklat yang meliputi materi yang harus disajikan metode diklat yang tepat untuk memenuhi jenis kualifikasi yang diperlukan terkait dengan ketrampilan dan bidang keahliannya Pada akhir penyelenggaraan diklat harus dievaluasi untuk mengetahui efektivitasnya merubah atau meningkatkan perilaku pegawai dalam upaya peningkatan kinerja Manajemen diklat adalah upaya yang sistematis dan terencana dalam mengoptimalkan seluruh komponen diklat guna mencapai tujuan program secara efektif dan efisien Kebutuhan pendidikan dan pelatihan muncul karena adanya masalah masalah yang mengganggu kinerja organisasi seperti penurunan prestasi yang mencakup menurunnya pelayanan menurunnya tingkat produksi Di samping itu perubahan lingkungan organisasi yang ...penuh ketidakpastian memaksa sebuah organisasi untuk selalu menyesuaikan dan mengikuti arah perubahan tersebut Beberapa sebab lain adalah adanya kebutuhan diklat selain dipicu oleh permasalahan permasalahan terkait dengan kualitas angkatan kerja yang ada juga persaingan global serta adanya alih teknologi Kondisi masyarakat yang semakin maju baik tingkat ekonomi maupun sosial juga mempengaruhi kebutuhan pendidikan dan pelatihan Tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan memberikan sinyal pada birokrasi untuk melakukan penyesuaian penyesuaian Sebuah organisasi harus mampu beradaptasi secara cepat agar perubahan yang terjadi tidak menggangggu kinerja organisasi Pendidikan dan Pelatihan Diklat merupakan suatu proses pembelajaran dalam organisasi yang mengarah pada perubahan sikap dan perilaku pegawai memenuhi harapan kualifikasi kerja dan tuntutan perkembangan organisasi baik internal maupun eksternal Kualitas diklat sangat tergantung pada manajemen diklat yang diselenggarakan antara lain pada ketepatan memilih materi diklat kualitas penatar nara sumber metode pelatihan serta evaluasi yang dilakukan Untuk itu pemilihan penatar harus benar benar sesuai dengan bidang keahlian serta pengalaman kerja yang dimilikinya Analisis terhadap kebutuhan diklat sebagai suatu tahapan dalam penyusunan program terkait dengan jenis prosedur model dan teknik diklat perlu dilakukan dalam manajemen diklat Penelusuran dimulai dengan analisis tugas fungsi yang ada kualifikasi persyaratan untuk memenuhi fungsi tersebut kemudian mencari solusi jenis diklat yang meliputi materi yang harus disajikan metode diklat yang tepat untuk memenuhi jenis kualifikasi yang diperlukan terkait dengan ketrampilan dan bidang keahliannya Pada akhir penyelenggaraan diklat harus dievaluasi untuk mengetahui efektivitasnya merubah atau meningkatkan perilaku pegawai dalam upaya peningkatan kinerja