Sekolah merupakan suatu institusi yang di dalamnya terdapat komponen guru dan staf administrasi yang masing masing mempunyai tugas tertentu dalam melancarkan program Sebagai institusi pendidikan formal sekolah dituntut menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis tertentu keterampilan sikap dan mental serta kepribadian lainnya sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi atau bekerja pada lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilan Sekolah kini menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari masa sebelumnya terutama berkenaan dengan era komunikasi dan informasi yang bergulir pada generasi Gen Z ini Sekolah yang mampu beradaptasi dengan era ini tentu bukan sekolah biasa tetapi sekolah yang benar benar efektif yang mampu mengusung lulusannya siap menghadapi perubahan perubahan yang terjadi di masa mendatang yang mampu menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademis tertentu keterampilan sikap dan mental serta kepribadian lainnya sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bekerja pada lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilannya Buku ini dapat menjadi rujukan untuk calon guru guru dan kepala sekolah dalam menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah di masing masing sekolah dalam praktik menjalankan tugas sehari harinya Buku ini terdiri dari 12 bagian yang membahas hal hal yang terkait manajemen berbasis sekolah Buku ini penulis harapkan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca baik itu dosen mahasiswa kepala sekolah guru maupun pemerhati pendidikan dengan pembahasan bahasa Indonesia yang mudah dipahami namun tetap memiliki kaidah kaidah ilmiah Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya Manajemen Berbasis Sekolah Manajemen Mutu Pendidikan Perencanaan Pendidikan Kinerja Sekolah Kepemimpinan di Sekolah Budaya Organisasi di Sekolah Motivasi dan Kepuasan Kerja Komitmen Organisasi Kompetensi Guru Sarana dan Prasarana Peran Serta Masyarakat Manajemen KelasSekolah merupakan suatu institusi yang di dalamnya terdapat komponen guru dan staf administrasi yang masing masing mempunyai tugas tertentu dalam melancarkan program Sebagai institusi pendidikan formal sekolah dituntut menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis tertentu keterampilan sikap dan mental serta kepribadian lainnya sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi ...atau bekerja pada lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilan Sekolah kini menghadapi tantangan yang jauh lebih besar dari masa sebelumnya terutama berkenaan dengan era komunikasi dan informasi yang bergulir pada generasi Gen Z ini Sekolah yang mampu beradaptasi dengan era ini tentu bukan sekolah biasa tetapi sekolah yang benar benar efektif yang mampu mengusung lulusannya siap menghadapi perubahan perubahan yang terjadi di masa mendatang yang mampu menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademis tertentu keterampilan sikap dan mental serta kepribadian lainnya sehingga mereka dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bekerja pada lapangan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dan keterampilannya Buku ini dapat menjadi rujukan untuk calon guru guru dan kepala sekolah dalam menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah di masing masing sekolah dalam praktik menjalankan tugas sehari harinya Buku ini terdiri dari 12 bagian yang membahas hal hal yang terkait manajemen berbasis sekolah Buku ini penulis harapkan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca baik itu dosen mahasiswa kepala sekolah guru maupun pemerhati pendidikan dengan pembahasan bahasa Indonesia yang mudah dipahami namun tetap memiliki kaidah kaidah ilmiah Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan diantaranya Manajemen Berbasis Sekolah Manajemen Mutu Pendidikan Perencanaan Pendidikan Kinerja Sekolah Kepemimpinan di Sekolah Budaya Organisasi di Sekolah Motivasi dan Kepuasan Kerja Komitmen Organisasi Kompetensi Guru Sarana dan Prasarana Peran Serta Masyarakat Manajemen Kelas