Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan prinsip dasar manajemen berbasis sekolah (MBK) sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di era globalisasi yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan kebutuhan akan pendidikan yang lebih efektif dan inovatif. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para calon manajer pendidikan, para kepala sekolah, dan mahasiswa yang memerlukan referensi dalam memahami dan menerapkan konsep manajemen pendidikan secara lebih sistematis dan berbasis sekolah. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu: 1. Sekolah sebagai Bagian dari Sistem Pendidikan – membahas arti dan makna pendidikan, serta peran sekolah dalam sistem pendidikan nasional. 2. Konsep Dasar Administrasi dan Manajemen Pendidikan – menjelaskan prinsip-prinsip dasar administrasi dan manajemen dalam konteks pendidikan. 3. Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah – mendefinisikan dan menganalisis konsep manajemen berbasis sekolah, termasuk karakteristik, fungsi, serta penerapan dalam praktik pengelolaan pendidikan. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan yang komprehensif dan praktis bagi para manajer pendidikan, pengawas, calon pendidik, serta seluruh elemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan yang berbasis sekolah. Dengan pendekatan yang sistematis dan jelas, buku ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan memudahkan implementasi manajemen berbasis sekolah di berbagai tingkat pendidikan.
Buku ini membahas Pertama membahas tentang Sekolah sebagai bagian sistem pendidikan Arti dan makna pendidikan Sistem pendidikan Nasional Kedua membahas tentang Konsep dasar administrasi dan Manajemen sekolah Arti administrasi dan manajemen Fungsi manajemen sekolah Ketiga membahas tentang Konsep dasar manajemen berbasis sekolah Pemberdayaan otonomi sekolah prinsip prinsip manajemen sekolah Karakteristik manajemen sekolah Efektivitas model penyelenggaraan sekolah Standar pelayanan sekolah Keempat membahas tentang Karakteristik manajemen berbasis sekolah yang dipandang dan segi Input Proses dan output sekolah Kelima membahas tentang Fungsi manajemen yang didesentralisasikan melalui manajemen berbasis sekolah reformasi manajemen berbasis sekolah dan fungsi desentralisasi Keenam membahas tentang Penerapan manajemen berbasis sekolah dengan mempraktekkan penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah yang meliputi penyusunan rencana tahunan manajemen kesiswaaan kurikulum pembelajaran pendidik dan tenaga kependidikan sarana pra sarana pendidikan keuangan budaya dan lingkungan sekolah humas evaluasi sekolah dan pengembangan sekolah
Jumlah Halaman | 123 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bintang Pustaka Madani |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-386-038-3 |
eISBN | proses |