Sinopsis Buku: Buku *Manajemen Belajar dan Pembelajaran* karya Nursalim ini membahas secara mendalam tentang konsep, prinsip, dan berbagai aspek yang terkait dengan proses belajar dan pembelajaran. Buku ini terdiri dari delapan bab yang saling terkait, mulai dari pengertian, tujuan, dan fungsi pembelajaran, hingga manajemen belajar dan pengelolaan pembelajaran dalam konteks pendidikan. Bab I membahas tentang belajar, meliputi definisi, tujuan, prinsip, tipe, fase, dan hasil belajar. Bab II menjelaskan tentang pembelajaran, termasuk pengertian, tujuan, kriteria, prinsip, serta teori-teori yang mendasarinya. Bab III mengupas tentang metode pembelajaran, mencakup pengertian, tujuan, fungsi, kriteria pemilihan, serta jenis-jenis metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Bab IV membahas tentang media pembelajaran, termasuk pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, kriteria pemilihan, serta jenis-jenis media yang relevan untuk mendukung proses belajar. Bab V menjelaskan tentang sumber belajar, termasuk pengertian, tujuan, fungsi, kriteria pemilihan, klasifikasi, dan pusat sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Bab VI dan VII berfokus pada manajemen belajar, meliputi pengertian, tujuan, manfaat, unsur-unsur, keterampilan, waktu belajar peserta didik, serta belajar yang efektif dan efisien. Bab VIII membahas tentang problematika dan pengelolaan pembelajaran, termasuk tantangan dan solusi dalam melaksanakan proses pembelajaran secara optimal. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Penulis menyajikan materi secara sederhana dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan yang komprehensif dan praktis dalam bidang pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku *Manajemen Belajar dan Pembelajaran* karya Nursalim ini membahas secara mendalam tentang konsep, prinsip, dan berbagai aspek yang terkait dengan proses belajar dan pembelajaran. Buku ini terdiri dari delapan bab yang saling terkait, mulai dari pengertian, tujuan, dan fungsi pembelajaran, hingga manajemen belajar dan pengelolaan pembelajaran dalam konteks pendidikan. Bab I membahas tentang belajar, meliputi definisi, tujuan, prinsip, tipe, fase, dan hasil belajar. Bab II menjelaskan tentang pembelajaran, termasuk pengertian, tujuan, kriteria, prinsip, serta teori-teori yang mendasarinya. Bab III mengupas tentang metode pembelajaran, mencakup pengertian, tujuan, fungsi, kriteria pemilihan, serta jenis-jenis metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Bab IV membahas tentang media pembelajaran, termasuk pengertian, tujuan, fungsi, manfaat, kriteria pemilihan, serta jenis-jenis media yang relevan untuk mendukung proses belajar. Bab V menjelaskan tentang sumber belajar, termasuk pengertian, tujuan, fungsi, kriteria pemilihan, klasifikasi, dan pusat sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Bab VI dan VII berfokus pada manajemen belajar, meliputi pengertian, tujuan, manfaat, unsur-unsur, keterampilan, waktu belajar peserta didik, serta belajar yang efektif dan efisien. Bab VIII membahas tentang problematika dan pengelolaan pembelajaran, termasuk tantangan dan solusi dalam melaksanakan proses pembelajaran secara optimal. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pendidik, calon pendidik, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan. Penulis menyajikan materi secara sederhana dan jelas agar mudah dipahami oleh pembaca. Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan yang komprehensif dan praktis dalam bidang pendidikan.
Jumlah Halaman | 189 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Lontar Mediatama |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-5482-50-2 |
eISBN | 978-602-70501-8-1 |