Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *Manajer Pendidik Profetik* dalam konstruksi *Kesalehan Makrifat*, yang merupakan upaya untuk mengembangkan pendidikan Islam dengan pendekatan manajerial yang berbasis pada nilai-nilai keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan. Lulusan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dianggap sebagai *super-leader* yang memiliki kemampuan untuk memotivasi dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan kesalehan perilaku, iman, takwa, serta akhlak mulya. Konsep ini berakar pada *Kecerdasan Makrifat*, yaitu kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam setiap aspek kehidupan, yang diaktualisasikan melalui *God Spot* dalam analisis Zohar & Marshall. Selain itu, buku ini menekankan pentingnya pengembangan *Filsafat Tarbiyah* sebagai dasar implementasi visi "Unggul dan Tekemuka dalam Pemaduan dan Pengembangan Pendidikan Keislaman dan Keilmuan bagi Peradaban". Filsafat Tarbiyah dianggap sebagai fondasi untuk mewujudkan misi pendidikan yang berbasis pada Islam, sains, teknologi, seni, dan konteks keindonesiaan. Tanpa adanya teori mandiri dalam pendidikan Islam, praktik pendidikan hanya akan menjadi pengikut, bukan *leader* atau *super-leader*. Buku ini memberikan pandangan ilmiah dan praktis mengenai peran pendidik sebagai *super-leader* dalam konteks pendidikan Islam yang modern dan relevan dengan tantangan zaman.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep *Manajer Pendidik Profetik* dalam konstruksi *Kesalehan Makrifat*, yang merupakan upaya untuk mengembangkan pendidikan Islam dengan pendekatan manajerial yang berbasis pada nilai-nilai keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan. Lulusan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dianggap sebagai *super-leader* yang memiliki kemampuan untuk memotivasi dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan kesalehan perilaku, iman, takwa, serta akhlak mulya. Konsep ini berakar pada *Kecerdasan Makrifat*, yaitu kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam setiap aspek kehidupan, yang diaktualisasikan melalui *God Spot* dalam analisis Zohar & Marshall. Selain itu, buku ini menekankan pentingnya pengembangan *Filsafat Tarbiyah* sebagai dasar implementasi visi \"Unggul dan Tekemuka dalam Pemaduan dan Pengembangan Pendidikan Keislaman dan Keilmuan bagi Peradaban\". Filsafat Tarbiyah dianggap sebagai fondasi untuk mewujudkan misi pendidikan yang berbasis pada Islam, sains, teknologi, seni, dan konteks keindonesiaan. Tanpa adanya teori mandiri dalam pendidikan Islam, praktik pendidikan hanya akan menjadi pengikut, bukan *leader* atau *super-leader*. Buku ini memberikan pandangan ilmiah dan praktis mengenai peran pendidik sebagai *super-leader* dalam konteks pendidikan Islam yang modern dan relevan dengan tantangan zaman.
Jumlah Halaman | 0 |
---|---|
Kategori | Agama |
Penerbit | UIN Sunan Kalijaga |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | ISSN 2502-9223 |
eISBN |