Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya pertama penulis, Alphian Sahruddin, yang berjudul *“Makassar Tidak Rantasa dalam Pembelajaran”*. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis dalam penerapan pendidikan yang kreatif dan inovatif, khususnya dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini menggambarkan bagaimana proses belajar bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan bermakna, melalui pendekatan *belajar sambil bermain*. Buku ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama membahas tentang pentingnya bermain dalam perkembangan anak, terutama dalam masa keemasan anak yang merupakan masa kritis untuk pertumbuhan fisik, emosional, dan kognitif. Penulis menjelaskan berbagai teori mengenai bermain serta peran sekolah dan taman bermain dalam memfasilitasi pengalaman bermain yang bermakna bagi anak. Bagian kedua fokus pada langkah-langkah konkret untuk menerapkan pendekatan bermain dalam pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran IPA. Penulis juga menyajikan contoh metode seperti *Bermain Ceper* sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kontribusi program inovatif yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Makassar, seperti *MTR (Makassar Tidak Rantasa)* dan *LISA*, dalam memperkaya dunia pendidikan dan menginspirasi pendidik untuk terus berkembang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para guru, orang tua, dan pengambil kebijakan pendidikan yang ingin mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih manusiawi, kreatif, dan berbasis eksplorasi.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya pertama penulis, Alphian Sahruddin, yang berjudul *“Makassar Tidak Rantasa dalam Pembelajaran”*. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis dalam penerapan pendidikan yang kreatif dan inovatif, khususnya dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini menggambarkan bagaimana proses belajar bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan bermakna, melalui pendekatan *belajar sambil bermain*. Buku ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama membahas tentang pentingnya bermain dalam perkembangan anak, terutama dalam masa keemasan anak yang merupakan masa kritis untuk pertumbuhan fisik, emosional, dan kognitif. Penulis menjelaskan berbagai teori mengenai bermain serta peran sekolah dan taman bermain dalam memfasilitasi pengalaman bermain yang bermakna bagi anak. Bagian kedua fokus pada langkah-langkah konkret untuk menerapkan pendekatan bermain dalam pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran IPA. Penulis juga menyajikan contoh metode seperti *Bermain Ceper* sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kontribusi program inovatif yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Makassar, seperti *MTR (Makassar Tidak Rantasa)* dan *LISA*, dalam memperkaya dunia pendidikan dan menginspirasi pendidik untuk terus berkembang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para guru, orang tua, dan pengambil kebijakan pendidikan yang ingin mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih manusiawi, kreatif, dan berbasis eksplorasi.
Jumlah Halaman | 74 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-468-010-7 |
eISBN |