Sinopsis Buku: Buku ini merupakan karya pertama penulis, Alphian Sahruddin, yang berjudul *“Makassar Tidak Rantasa dalam Pembelajaran”*. Buku ini dirancang untuk menjadi panduan praktis dalam penerapan pendidikan yang kreatif dan inovatif, khususnya dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Buku ini menggambarkan bagaimana proses belajar bisa menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan bermakna, melalui pendekatan *belajar sambil bermain*. Buku ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama membahas tentang pentingnya bermain dalam perkembangan anak, terutama dalam masa keemasan anak yang merupakan masa kritis untuk pertumbuhan fisik, emosional, dan kognitif. Penulis menjelaskan berbagai teori mengenai bermain serta peran sekolah dan taman bermain dalam memfasilitasi pengalaman bermain yang bermakna bagi anak. Bagian kedua fokus pada langkah-langkah konkret untuk menerapkan pendekatan bermain dalam pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran IPA. Penulis juga menyajikan contoh metode seperti *Bermain Ceper* sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Selain itu, buku ini juga menjelaskan kontribusi program inovatif yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Makassar, seperti *MTR (Makassar Tidak Rantasa)* dan *LISA*, dalam memperkaya dunia pendidikan dan menginspirasi pendidik untuk terus berkembang dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Buku ini sangat relevan bagi para guru, orang tua, dan pengambil kebijakan pendidikan yang ingin mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih manusiawi, kreatif, dan berbasis eksplorasi.
Kota Makassar dengan program unggulannya Makassar ta Tidak Rantasa MTR telah berhasil mengubah wajah Makassar yang dulunya kumuh menjadi indah Bukan sekedar penataan kota tetapi nilai MTR kini telah masuk ke dunia sekolah Pembelajaran berbasis lingkungan hidup dan memanfaatkan bahan sederhana menjadi media dan sumber belajar Buku ini sangat baik bagi siapa saja yang bergerak sebagai praktisi pendidikan Anak anak diberlakukan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhannya dalam pembelajaran MTR diterapkan dalam bentuk permainan yang menyenangkan dan aplikatif untuk seluruh sekolah di Indonesia Telah didiseminasikan pada ajang kompetisi dan forum ilmiah guru serta telah mampu menghantar guru dan siswa meraih prestasi akademik maupun nonakademik berskala lokal sampai internasional Sangat baik sebagai bahan rujukan guru dalam mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran berbasis kearifal lokal daerah masing masing Buku yang berisi sajian teori dan praktis ini dikemas dengan bahasa yang ringan sehingga lebih mudah untuk dipahami Pembaca akan lebih mudah dalam mengaplikasikan langsung dalam pembelajaran maupun dalam mendidik anak di lingkungan kita berada Berbagai metode bermain bernuansa kearifan lokal menambah kebermaknaan dari setiap proses yang dibuat Apa yang dilakukan senantiasa mampu mengembangkan kognitif afektif sosial dan psikomotorik siswa Baca dan buktikanlah sendiri
| Jumlah Halaman | 74 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2018 |
| ISBN | 978-602-468-010-7 |
| eISBN |