Sinopsis Buku: Buku *Madura Dalam Teknologi Informasi* adalah karya yang menggabungkan kekayaan budaya Madura dengan inovasi teknologi informasi dalam upaya melestarikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai kebudayaan di tengah tantangan globalisasi. Buku ini mengupas peran penting teknologi informasi dalam pendidikan dan pembelajaran, khususnya melalui pengembangan media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) dan game edukasi. Buku ini menyajikan pengembangan dua produk utama: *Virtual Reality Museum Keraton Sumenep* dan *Game Edukasi “Halo Madura”*. Keduanya dirancang untuk memperkenalkan sejarah, budaya, dan bahasa Madura kepada generasi muda secara interaktif dan menarik. Produk ini juga dilengkapi dengan spesifikasi, target pengguna, materi pembelajaran, serta indikator pencapaian yang terukur. Selain itu, buku ini juga membahas model pengembangan ADDIE sebagai landasan dalam merancang dan mengimplementasikan produk pembelajaran berbasis teknologi. Buku ini menjadi referensi penting bagi pengembang media pembelajaran, pendidik, dan masyarakat yang ingin memahami bagaimana teknologi informasi dapat menjadi alat untuk melestarikan kebudayaan lokal, khususnya budaya Madura. Dengan pendekatan yang kreatif dan berbasis teknologi, *Madura Dalam Teknologi Informasi* berupaya menjawab tantangan kehilangan nilai-nilai kebudayaan di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat. Buku ini juga diharapkan menjadi sarana untuk membangun kesadaran dan kebanggaan terhadap budaya Madura di kalangan generasi muda.
uku ini berisi tentang usaha yang dapat dilakukan untuk mempertahankan Budaya Nasional Khususnya Budaya Madura dengan bantuan Teknologi Informasi Selain mempertahankan budaya buku ini juga memaparkan bahwa pembelajaran tentang budaya di sekolah bisa menjadi sangat menarik karena bantuan teknologi informasi
Jumlah Halaman | 54 |
---|---|
Kategori | Teknik dan Arsitektur |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-6841-60-0 |
eISBN | proses |