Sinopsis Buku: Madrasah Wasathiyyah – Gerbang dan Gerbong Moderasi Beragama Buku ini membahas pentingnya nilai *wasathiyyah* dalam pendidikan karakter di madrasah sebagai upaya membangun moderasi beragama yang inklusif dan toleran. *Wasathiyyah*, yang terinspirasi dari Q.S. Al-Baqarah ayat 134, merupakan konsep Islam yang mendorong umat Islam untuk bersikap moderat dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Nilai ini dianggap sangat penting dalam konteks keberagamaan di Indonesia yang semakin kompleks dan plural. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan agama, khususnya di madrasah, memiliki peran kritis dalam membentuk karakter generasi muda yang mampu mengatasi ekstremisme, mempromosikan perdamaian, dan menjunjung tinggi keberagaman. Melalui pendekatan *wasathiyyah literacy*, anak-anak sejak dini diperkenalkan pada nilai-nilai moderasi, toleransi, dan kebhinekaan. KMA No. 184 tahun 2019 menjadi landasan dalam implementasi 11 nilai Islam *wasathiyyah* sebagai bagian dari pendidikan karakter di madrasah. Selain itu, buku ini juga membahas program *Niswa* yang diterapkan di madrasah sebagai salah satu bentuk aplikasi konkret dari konsep moderasi beragama. Program ini mendukung upaya mengembangkan kehidupan inklusif dan keberagamaan yang sehat, baik di tingkat individu maupun kelembagaan. Dengan pendekatan yang terstruktur dan aplikatif, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya moderasi beragama sebagai landasan kehidupan yang harmonis dan bermartabat. Buku ini tidak hanya menjadi panduan bagi pendidik dan pengelola madrasah, tetapi juga menjadi sarana sosialisasi besar terhadap nilai-nilai kebhinekaan dan toleransi yang relevan dengan tantangan keagamaan di masa kini.
Sinopsis Buku: Madrasah Wasathiyyah – Gerbang dan Gerbong Moderasi Beragama Buku ini membahas pentingnya nilai *wasathiyyah* dalam pendidikan karakter di madrasah sebagai upaya membangun moderasi beragama yang inklusif dan toleran. *Wasathiyyah*, yang terinspirasi dari Q.S. Al-Baqarah ayat 134, merupakan konsep Islam yang mendorong umat Islam untuk bersikap moderat dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Nilai ini dianggap sangat penting dalam konteks keberagamaan di Indonesia yang semakin kompleks dan plural. Buku ini menjelaskan bahwa pendidikan agama, khususnya di madrasah, memiliki peran kritis dalam membentuk karakter generasi muda yang mampu mengatasi ekstremisme, mempromosikan perdamaian, dan menjunjung tinggi keberagaman. Melalui pendekatan *wasathiyyah literacy*, anak-anak sejak dini diperkenalkan pada nilai-nilai moderasi, toleransi, dan kebhinekaan. KMA No. 184 tahun 2019 menjadi landasan dalam implementasi 11 nilai Islam *wasathiyyah* sebagai bagian dari pendidikan karakter di madrasah. Selain itu, buku ini juga membahas program *Niswa* yang diterapkan di madrasah sebagai salah satu bentuk aplikasi konkret dari konsep moderasi beragama. Program ini mendukung upaya mengembangkan kehidupan inklusif dan keberagamaan yang sehat, baik di tingkat individu maupun kelembagaan. Dengan pendekatan yang terstruktur dan aplikatif, buku ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang pentingnya moderasi beragama sebagai landasan kehidupan yang harmonis dan bermartabat. Buku ini tidak hanya menjadi panduan bagi pendidik dan pengelola madrasah, tetapi juga menjadi sarana sosialisasi besar terhadap nilai-nilai kebhinekaan dan toleransi yang relevan dengan tantangan keagamaan di masa kini.
Jumlah Halaman | 74 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-272-371-9 |
eISBN |