Sinopsis Singkat Buku "Macam Variable yang Mempengaruhi Motivasi Belajar (Kompetensi, Fasilitas, Lingkungan Belajar)" Buku ini membahas secara mendalam tentang berbagai variabel yang memengaruhi motivasi belajar, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi. Penulis menjelaskan pengaruh tiga variabel utama, yaitu kompetensi dosen, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dalam buku ini, disajikan teori-teori pendukung mengenai motivasi belajar, persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen, serta analisis fasilitas dan lingkungan belajar yang berkontribusi terhadap tingkat motivasi belajar. Buku ini juga mencakup deskripsi kegiatan penelitian, termasuk lokasi, objek, waktu, populasi, dan sampel penelitian, serta teknik pengumpulan dan analisis data. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis dan mengevaluasi data, dengan metode statistik seperti uji normalitas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis tersebut digunakan untuk menarik kesimpulan mengenai dampak variabel-variabel tersebut terhadap motivasi belajar mahasiswa. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar yang mendukung penjelasan teoritis dan hasil penelitian, seperti kerangka konseptual, logo institusi, dan grafik hasil uji statistik. Buku ini sangat relevan bagi mahasiswa, dosen, dan penyelidik pendidikan yang ingin memahami faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar dan bagaimana cara mengoptimalkan variabel-variabel tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Motivasi dapat diartikan sebagai daya penggerak yang telah menjadi aktif Motif menjadi aktif pada saat tertentu terutama bila kebutuhan untuk mencapai tujuan sangat dirasakan atau mendesak Motivasi yang kuat akan menumbuhkan gairah semangat dan perasaan senang untuk belajar Seseorang akan menampakkan minat perhatian konsentrasi penuh ketekunan tinggi serta berorientasi pada prestasi tanpa mengenal perasaan bosan apabila ia mempunyai motivasi belajar Secara sederhana dapat dikatakan apabila seseorang tidak memiliki motivasi belajar maka tidak akan terjadi kegiatan belajar pada dirinya sendiri Kemudian apabila motivasi rendah umumnya diasumsikan bahwa prestasi yang bersangkutan akan rendah dan besar kemungkinan tidak akan mencapai tujuan belajar Itulah mengapa perlu adanya penunjang yang lengkap untuk belajar agar semakin baik dan lengkap fasilitas yang telah diberikan maka hal ini akan menambah motivasi seseorang dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
Jumlah Halaman | 100 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-497-142-2 |
eISBN | 978-623-497-226-9 |