Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya inovasi dalam pembelajaran sejarah, khususnya dalam upaya meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap peristiwa sejarah. Penulis, Aris Riyadi, menggambarkan pengalaman nyata dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran berupa *lukisan pasir sejarah*, yang berhasil meraih juara dalam Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional. Buku ini menjelaskan secara detail proses kreatif dari ide awal hingga desain dan pelaksanaan media tersebut, serta hasil yang diraih di tingkat nasional. Selain itu, buku ini juga membahas peran penting media pembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah, baik dalam menjadikan materi yang abstrak menjadi nyata, maupun dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik. Buku ini juga menjelaskan tiga fungsi utama pembelajaran sejarah, yaitu fungsi kognitif, afektif, dan psikomotor, yang masing-masing bertujuan untuk mengembangkan kemampuan analitis, sikap dan nilai-nilai nasionalisme, serta kemampuan berpikir kritis dan praktis dalam menghadapi fenomena masa kini. Buku ini dirancang sebagai referensi bagi para guru sejarah yang ingin meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, serta sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan pada generasi muda.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pentingnya inovasi dalam pembelajaran sejarah, khususnya dalam upaya meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap peristiwa sejarah. Penulis, Aris Riyadi, menggambarkan pengalaman nyata dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran berupa *lukisan pasir sejarah*, yang berhasil meraih juara dalam Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional. Buku ini menjelaskan secara detail proses kreatif dari ide awal hingga desain dan pelaksanaan media tersebut, serta hasil yang diraih di tingkat nasional. Selain itu, buku ini juga membahas peran penting media pembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah, baik dalam menjadikan materi yang abstrak menjadi nyata, maupun dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik. Buku ini juga menjelaskan tiga fungsi utama pembelajaran sejarah, yaitu fungsi kognitif, afektif, dan psikomotor, yang masing-masing bertujuan untuk mengembangkan kemampuan analitis, sikap dan nilai-nilai nasionalisme, serta kemampuan berpikir kritis dan praktis dalam menghadapi fenomena masa kini. Buku ini dirancang sebagai referensi bagi para guru sejarah yang ingin meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, serta sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan pada generasi muda.
Jumlah Halaman | 138 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5812-26-2 |
eISBN |