Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan inovatif dalam implementasi pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada Keterampilan Abad 21. Buku ini ditulis berdasarkan penelitian tindakan kelas dan dirancang untuk memberikan inspirasi kepada para guru dalam memperkaya metode pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK). Dalam buku ini, penulis mengusulkan penggunaan *Loose Parts* sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif, yang mampu memicu minat belajar anak usia dini, memperkaya pengalaman belajar, serta mengembangkan potensi anak secara holistik. Buku ini juga menjelaskan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi perkembangan kompetensi kognitif, sosial, dan emosional anak. Dalam konteks kurikulum, buku ini mengacu pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang menekankan penerapan pendekatan saintifik melalui empat kompetensi utama: *communication, collaboration, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation* (4C). Buku ini memberikan strategi dan langkah-langkah praktis untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan efektif, sejalan dengan visi pendidikan abad 21 yang menekankan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan berkolaborasi. Dengan pendekatan yang sistematis, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para pendidik, pengelola PAUD, serta calon guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan potensi anak secara maksimal.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan praktis dan inovatif dalam implementasi pendidikan anak usia dini yang berorientasi pada Keterampilan Abad 21. Buku ini ditulis berdasarkan penelitian tindakan kelas dan dirancang untuk memberikan inspirasi kepada para guru dalam memperkaya metode pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK). Dalam buku ini, penulis mengusulkan penggunaan *Loose Parts* sebagai media pembelajaran yang kreatif dan interaktif, yang mampu memicu minat belajar anak usia dini, memperkaya pengalaman belajar, serta mengembangkan potensi anak secara holistik. Buku ini juga menjelaskan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai fondasi perkembangan kompetensi kognitif, sosial, dan emosional anak. Dalam konteks kurikulum, buku ini mengacu pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang menekankan penerapan pendekatan saintifik melalui empat kompetensi utama: *communication, collaboration, critical thinking and problem solving, serta creativity and innovation* (4C). Buku ini memberikan strategi dan langkah-langkah praktis untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan efektif, sejalan dengan visi pendidikan abad 21 yang menekankan kemandirian, kreativitas, dan kemampuan berkolaborasi. Dengan pendekatan yang sistematis, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para pendidik, pengelola PAUD, serta calon guru dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan potensi anak secara maksimal.
Jumlah Halaman | 74 |
---|---|
Kategori | Novel |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-217-052-0 |
eISBN |