Sejak survei PISA dilaksanakan sejak tahun 2000 Indonesia telah aktif berpartisipasi meskipun hasilnya belum memuaskan terutama dalam bidang matematika Pada tahun 2000 Indonesia berada pada peringkat 39 dari 41 negara 38 dari 40 negara pada tahun 2003 50 dari 57 negara pada tahun 2006 61 dari 65 negara pada tahun 2009 dan 64 dari 65 negara pada tahun 2012 dengan rata rata skor yang relatif sama Matematika bahkan selalu dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan sulit seperti menimbulkan trauma tersendiri bagi peserta didik karena seringnya tidak dapat menyelesaikan soal soal yang disajikan Namun bila guru dapat memahami literasi matematika dengan baik maka sesulit apapun matematika dapat sampaikan dengan lugas dan logis materi dapat diterima dengan baik sehingga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan Buku ini menyajikan gambaran secara rinci mengenai litarasi matematika Sejak survei PISA dilaksanakan sejak tahun 2000 Indonesia telah aktif berpartisipasi meskipun hasilnya belum memuaskan terutama dalam bidang matematika Pada tahun 2000 Indonesia berada pada peringkat 39 dari 41 negara 38 dari 40 negara pada tahun 2003 50 dari 57 negara pada tahun 2006 61 dari 65 negara pada tahun 2009 ...dan 64 dari 65 negara pada tahun 2012 dengan rata rata skor yang relatif sama Matematika bahkan selalu dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan sulit seperti menimbulkan trauma tersendiri bagi peserta didik karena seringnya tidak dapat menyelesaikan soal soal yang disajikan Namun bila guru dapat memahami literasi matematika dengan baik maka sesulit apapun matematika dapat sampaikan dengan lugas dan logis materi dapat diterima dengan baik sehingga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan Buku ini menyajikan gambaran secara rinci mengenai litarasi matematika